Serunya Belajar Mind Mapping



..Bagaimana agar kita cepat sampai??..
..Gunakan PETA..
Kata-kata tersebut yang sering digunakan oleh tokoh DORA dalam sebuah cerita anak.

Saya sangat suka menggunakan PETA dalam beraktivitas, membuat apa yang ada di kepala saya  menjadi lebih mudah difahami dan dijalani.

Beberapa hari lalu saya melihat postingan fb teman saya, komunitas kami, Ibu Profesional akan membuat kegiatan yang bisa diikuti oleh anak saya. Saya sendiri adalah member di komunitas ini sejak tahun 2015. Komunitas ini adalah komunitas belajar yang diperuntukkan bagi calon ibu dan ibu. Banyak hal positif yang saya dapatkan dalam komunitas yang mengutamakan agar para membernya melakukan perubahan terlebih dahulu sebelum menuntut lingkungannya berubah.

Kelas mind mapping yang digagas ini adalah kelas untuk para ananda kami yang berusia minimal 10tahun. Saya mengajak anak saya baik Ghaza yang saat ini berusia 13 tahun maupun Hilmi yang saat ini berusia 9 tahun.

Mind Mapping

Mind Mapping atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Peta Pemikiran, adalah konsep yang ditemukan Tony Buzan dan Berry Buzan, kakak beradik yang meneliti tentang kemampuan kerja otak. Pada umumnya saat melakukan proses belajar, kita akan membuat catatan yang panjang, detail dan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk membacanya. Namun, dengan menggunakan mind mapping, kita dapat membuat sketsa sendiri yang akan lebih mudah difahami dan diingat. Mind Map dapat membantu anak-anak belajar, membuat catatan dengan gaya mereka, membuat catatan menjadi lebih mudah, cepat dan lama diingat.

Ada 7 langkah untuk membuat mind mapping :
  1. Mulai dari tengah kertas kosong
  2. Gunakan Foto/gambar untuk ide sentral
  3. Gunakan warna
  4. Hubungkan Cabang-cabang ke pusat
  5. Garis hubung melengkung
  6. Satu kata kunci untuk setiap garis
  7. Gunakan gambar
Secara lebih jelas mengenai Mind Mapping bisa dilihat di tulisan saya sebelum Resume Buku Pintar Mind Map

Mind Mapping untuk Anak

Kelas dibuka pada pukul 10.00 WIB, kami agak terlambat memasuki kelas, saya tidak bisa mengakses kelas. Setelah berkoordinasi dengan Bunda Nurlian akhirnya kami bisa masuk ke grup Telegram yang telah dibuat untuk mempelajari Mind Mapping. Kami mendengar Podcast yang diberikan oleh tante mentor, tante Diyah Amalia. Setelah mendengarkan podcast selama kurang lebih 13 menit, Ghaza dan teman-temannya diminta membuat mind mapping dengan judul 7 Hari Di Rumah ku.

Berikut Hasil karya Ghaza dan Hilmi :


Saya sendiri memang menyukai membuat Mind Mapping secara manual. Namun di Era Teknolgi ini tentu ada cara yang lebih mudah untuk membuat Mind Mapping. Salah satunya yang saya coba adalah miro.com.

Aplikasi ini tidak berbayar loh, menggunakan software ini cukup gampang bagi pemula seperti saya. Hasil karya saya seperti ini :


Nah, seru kan belajar Mind Mapping, bukan saja bagi anak-anak, namun juga bagi orang tua. Ayo buat Mind Mapping mu sendiri ya..

#catatan8
#kelaskepompong
#bundacekatan
#ibuprofesional

Komentar

  1. Wah kebetulan banget, Arkan lagi ada tugas pembelajaran daring membuat mind maping ttg corona. Makasi infonya ya va...makin semangat mengeksekusi nya besok

    BalasHapus
  2. Kalo awak StayAtHome ajalah rebahan makan and tidur.
    Tp keren juga tuh mind mapping nya, bisa di terapkan ke semua bidang dan semua keadaan serta keinginan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa loh..mind mapping ala emak pecinta rebahan..🤩

      Hapus
  3. Langkah-langkah nya mudah kak diikuti sama anak-anak. Tapi bisa pula dipake sama orang dewasa buat mind map.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, kita pun lebih mudah mengerjakan apa yang kita rencanakan..selamat mencoba ya..

      Hapus
  4. wah baguuus gambarnya xD kebetulan dr SMP les di bimbel diajarin ini biar mudah jg ngingat sesuatu. tp pas kerja udh ganti arah lagi, jd lupa lupa wkwk makasih sudah mengingatkan kak

    BalasHapus
  5. Hmm langkah2 bikin mind mapping inilah yg kami ikuti segrup ahaha...makasih ya Elva,, sangat-sangat mencerahkan

    BalasHapus
  6. Aku juga suka banget buat mind mapping ini kk dan mau coba aplikasi ini jadi makin seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..beneran seru ya..anak-anak pun suka..🤩

      Hapus
  7. Aku juga udah coba pakai metode ini buat belajarnya anak-anak kak. Emang jadi mempermudah soalnya kita kan mengingat itu dimulai dari kata kuncinya.

    BalasHapus
  8. Mantap, keren nih mind mappingnya *jempol*

    BalasHapus
  9. Suka sekali dengan konsep mind mapping ini. Lebih fokus dan tepat sasaran jadinya. Baru tau kalo ada dukungan aplikasinya

    BalasHapus
  10. Aku suka belajar menggunakan mind mapping juga mbak, pelajaran lebih mudah diingat dan juga lebih kreatif

    BalasHapus
  11. awak gak pernah keknya bikin mind mapping.
    pengen sih bikin mind mapping untuk anak.

    BalasHapus
  12. Jadi inget jaman sekolah dulu suka belajar pake metode mind mapping gini. Buat saya ngefek banget cara ini. Jadi lebih gampang paham pelajaran, apalagi pas mo ujian.

    BalasHapus
  13. Bener kak, bukan cuma buat anak2 loh mind mapping ini. Sejak awal kuliah, saya udah membiasakan diri membuat mind mapping utk apa saja yg akan saya kerjakan. Dan sebenarnya jadi lebih mudah utk dipahami

    BalasHapus
  14. Baru Tau Ada aplikasi mind mapping va. Mungkin syaffa ammar cocoknya pakai aplikasi Kali ya.. kalau emaknya lebih suka nulis pakek spidol warna warni trus dipajang cembetol aja.. tqu for sharing Elva.. bermanfaat sekali

    BalasHapus
  15. Nah ini dia yang selalu saya pikirin. Pengen buat mind Mapping manual radar mageran dan takut enggak menarik. Eh ternyata ada juga website yang membantu. Tjakep deh pokoknya. Soalnya bisa dikerjakan secara team gitu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory