Manajemen dan Kepemimpinan Organisasi di Abad 21


Kecakapan Abad 21 yang terintegrasi dalam Kecakapan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap serta penguasaan TIK dapat dikembangkan melalui: (1) Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill; (2) Kecakapan Berkomunikasi (Communication Skills); (3) Kecakapan Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); dan (4) Kecakapan Kolaborasi (Collaboration).

Fleksibilitas, interaksi, dan kolaborasi dalam organisasi bisa dilihat proses belajar yang terjadi di dalam organisasi tersebut. Proses belajar ini terkait pada 4 hal : (1) Belajar untuk mencari tahu (learning to know) ; (2) Belajar untuk mengerjakan (learning to do) (3) Belajar untuk menjadi (learning to be); (4) Belajar untuk hidup bersama dalam kedamaian (learning to live together in peace).

Menurut framework 21-st Century Education yang dikembangkan oleh World Economic Forum (WEF), ada 16 keterampilan penting yang perlu disiapkan dan dimiliki anak-anak agar mereka survive dan berhasil masa sekarang.
Enam belas keterampilan itu terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu foundational literacies (literasi dasar), competencies (kompetensi), dan character qualities (pendidikan karakter).

Foundational Literacies

Foundationan literacies atau literasi dasar adlaah keterampilan yang terkait dengan kemampuan anak menerapkan keterampilan inti dalam tugas sehari-hari.
Keterampilan yang terkait literasi dasar terdiri:
1. Literacy (literasi, keterampilan terkait teks dan bahasa)
2. Numeracy (numerasi, keterampilan berkaitan dengan angka)
3. Scientific literacy (literasi saintifik, keterampilan berkaitan dengan cara berfikir ilmiah)
4. ICT literacy (keterampilan berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi)
5. Financial literacy (literasi keuangan, keterampilan terkait dengan pengambilan keputusan terkait keuangan pribadi)
6. Cultural and civic literacy (keterampilan terkait dengan pemahaman budaya dan hak-kewajiban sebagai warga negara)

Competencies

Kompetensi adalah keterampilan yang terkait dengan kemampuan anak menghadapi dan menangani tantangan kompleks yang ada di hadapannya.
Keterampilan yang terkait kompetensi adalah:
7. Critical thinking/problem-solving (keterampilan berfikir kritis dan memecahkan masalah-masalah yang ada di hadapannya)
8. Creativity (kreativitas, keterampilan menggunakan sudut pandang dan solusi baru untuk menyelesaikan tantangan)
9. Communication (keterampilan berhubungan dengan kapasitas komunikasi dengan beragam orang yang berbeda)
10. Collaboration (keterampilan berhubungan dengan kapasitas melakukan sinergi dan kolaborasi dengan anggota tim untuk mencapai tujuan bersama)

Character Qualities

Character qualities adalah kualitas karakter adalah keterampilan yang terkait dengan diri, antara lain:
11. Curiosity (keterampilan berkaitan rasa ingin tahu alamiah untuk mencari tahu tentang hal-hal baru yang terjadi di sekitarnya)
12. Initiative (keterampilan terkait dengan kapasitas memulai sebuah hal atau berinisiatifl tanpa menunggu perintah dari orang lain)
13. Persistence/grit (keterampilan berkaitan dengan manajemen diri  yang mampu mengatasi masalah hingga akhirnya bertahan dan bisa menyelesaikan hingga akhir)
14. Adaptabilitas (keterampilan berkaitan dengan kapasitas menyesuaikan diri dan kelenturan menghadapi perubahan eksternal yang terjadi)
15. Leadership (keterampilan untuk memimpin kelompok menuju tujuan bersama)
16. Social and cultural awareness (keterampilan mengenali dan menyikapi keragaman fenomena sosial dan budaya)

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory