Melatih Kesabaran, catatan minggu 1 Kelas Kepompong


Saatnya saya memasuki masa introspeksi. Kelas kepompong di Bunda Cekatan Batch1 adalah masanya. Saat dimana saya akan mengendalikan diri terhadap apa yang ingin saya perbaiki, menilainya atau mengapresiasi usaha saya tersebut.
Ada beberapa patokan dalam kelas kepompong ini :
KALENDER PUASA MINGGUAN
Saya diminta memilih SATU HAL dalam kehidupan saya yang akan SAYA PERBAIKI, bagaimana cara saya merubahnya ke arah yang lebih baik, dan apa yang akan saya lakukan dalam satu minggu.
Di kelas kepompong ini kami diingatkan untuk mengingat quote :
For Things to CHANGE, I must CHANGE first
Mulai tanggal 20 Maret saya diminta berpuasa, puasa terhadap kebiasaan buruk saya, yang membuat hidup saya selama ini menjadi kurang bermakna. Kegiatan puasa minggu pertama ini saya lakukan mulai dari tanggal 20-26 MARET 2020.
Lalu, setiap pekan saya akan break puasa selama tiga hari. Nah pekan ini saya akan break puasa dari tanggal 27-29 MARET 2020, saatnya saya menuliskan surat cinta untuk Bunda. Kutunggu dirimu di penghujung Minggu.

KALENDER TANTANGAN 30 HARI
Untuk mewujudkan hal ini, saya diminta membuka peta saya (mind map), dan saya diminta memilih pilih satu topik yang ingin saya perkuat selama 30 hari.
Menetapkan tantangan yang akan saya kerjakan, kemudian saya akan membuat album TANTANGAN 30 HARI, dan memostingkan setiap hari apa yang sudah saya janjikan untuk diri saya.
Ini adalah janji saya pada diri saya sendiri, bukan pada orang lain. Tantangan 30 hari ini adalah ikhtiar saya konsisten menuliskan apa yang saya lalui selama 30 hari.
NILAILAH DIRIMU
Aku tidak akan memberikan penilaian atas dirimu,
Dirimulah yang akan menentukan seberapa berkualitasnya lakumu,
Aku tidak memberikan indikator sukses untukmu,
Kamulah yang akan menentukan indikator sukses itu,
Itu lah bait puisi dari Bunda Septi buat saya dan teman-teman saya yang mengikuti kelas Bunda Cekatan.
Indikator Penilaian

Catatan Hari1

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory