Piramida Belajar


Hari ini saya ingin cerita tentang piramuda belajar. Penting untuk terus menggaki cara terbaik bagi saya untuk aktif menemukan cara terbaik mempelajari sesuatu yang saya butuhkan.

Jika dengan membaca, melihat dan mendengar serta mendemonstrasikan sesuatu masih dalam enalajar oasir, maka untuk belajar aktif perlu membuat wadah bahi diri saya untuk mendiskusikan, mempraktikkan, melatih serta mengajarkan kepada orang lain.

Dalam 2 hari belakangan ini, saya melatih kesabaran. Kesabaran yang saya latih dan praktikkan antara lain ;

  1. Tidak meninggikan atau berkata kasar, walau pun sedang marah, kesal, kecewa. Saya betusaha untuk menyampaikan secara normal bentuk kekecewaan, amarah yang saya rasakan, saya berusaha untuk asertif.
  2. Berusaha mengatur nafas. Teknik menghirup nafas, 5 detik, menahan 3 detik lalu menghembuskan secara perlahan selama 5 detik terus saya latihkan.
  3. Keras tidak sama dengan tegas. Ini harus saya latih, mengendalikan emosi tanpa mengabaikan emosi tersebut.
  4. Mengapresiasi diri. Merubah tipikal saya, dari sebelumnya terus terang, blak-blakan menjadi pribadi yang asertif saja sudah menjadi PR besar, apalagi ketinggat pengendalian kesabaran yang lebih tinggi. Maka untuk memompa semangat saya akan mengapresiasi diri atas setiap pencapaian positif yang saya lakukan. 
Saya sangat optimis!

#catatan3
#kelaskepompong
#bundacekatan

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory