Belajar Mengolah Data


Pembelajaran yang diberikan oleh Institut Ibu Profesional di Kelas Ulat Bunda Cekatan adalah bagaimana mengolah data yang ada. Prosess belajar ini sangat menarik bagi saya. Saat ini saya masuk di keluarga Manajemen Belajar dimana di keluarga ini kami diminta untuk belajar memahami proses belajar yang kami butuhkan dan sesuai dengan gaya belajar masing-masing.

Saat pembelajaran mengolah data ini kami diminta mencari jejaring ilmu agar kami setidaknya memiliki gambaran baru tentang kebutuhan ilmu selain keluarga dengan ilmu yang sudah kami masuki saat ini. Kami diminta mencari minimal 5 anggota keluarga dari keluarga lain di camping ground ilmu yang sangat luas.

Proses berkenalan dan mengetahui ketertarikan masing-masing Bunda di kelas ini menjadi pembeljaran bagi saya, bahwa bisa jadi lewat bertanya saya mendapatkan banyak ilmu, menjadi tergugah untuk mencoba hal yang baru yang masih sesuai bahkan bisa jadi melengkapi ilmu yang saya butuhkan selama ini.

Dari perkenalan yang kami lakukan secara pribadi baik menggunakan media Whatsapp, Telegram atau pun Fb, saya mendapatkan 26 Bunda sebagai mitra mengenal keluarga lain. Dari mereka saya belajar bagaimana ilmu-ilmu lain yang sangat luas dan memunculkan kebahagian pada masing-masing Bunda. Data Bunda-Bunda tersebut bisa dilihat DISINI.

Lalu saat kami diminta mengubahnya dalam bentuk grafik, proses ini juga menjadi pembelajaran perdana saya mengubah data di Spreadsheet ke bentuk Grafik.  Jika teman-teman ingin mengetahui caranya bisa pelajari lebih lanjut melalui link Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet.

Setelah data yang saya kumpulkan saya dokuemntasikan di Spreadsheet, saya lalu mengubahnya dalam bentuk grafik, hasil grafiknya :


Jika saya tarik kedalam Manajemen Belajar saya, semakin banyak data yang saya peroleh tentu akan semakin menarik dan valid data yang saya miliki. Saya sangat BAHAGIA.

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory