Day2 : Menumbuhkan Fitrah Seksualitas Anak

#Day2
#Tantanganlevel11
#KelasBunsayIIP
#MembangkitkanFitrahSeksualitasAnak

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuuh para Bunda Sayang...

Ahlan wa sahlan
di grup diskusi level 11 dengan tema
*"FITRAH SEKSUALITAS*
bersama kelompok 2.

Alhamdulillahilladzi bini'matihi tatimushsholihat..
Kami sangat gembira akan antusiasme para bunda untuk mengikuti diskusi ini.



Jika ada pertanyaan silakan japri ke bunda @khauli_ummu Alfath

Jazakunnallah khayr atas perhatiannya.
[6/1 15:59] ‪+62 852-7745-2667‬: Perkenalkan kami dari kelompok 2 :
1.saya khauli, selaku moderator diskusi kali ini,
2. Uni mel sebagai pemateri diskusi
3. Bunda ami sebagai kreator media
4. Bunda gina sebagai notulen materi.
[6/1 15:59] ‪+62 852-7745-2667‬: *PENTINGKAH MEMBANGKITKAN FITRAH SEKSUALITAS ANAK?*


*Apa saja tantangan yang kita hadapi saat ini berkaitan dengan gender?*

✅ Semakin tingginya kasus-kasus pelecehan seksual dan bullying pada anak-anak.

✅ Maraknya kasus LGBT dan kampanyenya yang semakin terang-terangan.

✅ Kosongnya peran keayah-bundaan pada setiap fase-fase perkembangan anak karena berbagai faktor (mis. ayah yang hanya berperan mencari nafkah dan tidak terlibat dlm pengasuhan anak; banyaknya bunda yang bekerja di luar rumah, ayah yang malahan di rumah).

✅ Gaya pergaulan anak yang semakin buruk akibat penggunaan teknologi yang kurang bijak.

*Apa itu fitrah seksualitas?*

Fitrah adalah kondisi yang diciptakan Allah sesuai kepribadian anak yang sesungguhnya telah ada sejak lahir.

Fitrah seksualitas adalah tentang bagaimana seseorang berfikir, merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati.

Membangkitkan fitrah ini banyak tergantung pada kehadiran dan kedekatan pada ayah dan ibu sejak lahir sampai aqil baligh.

Membangkitkan fitrah seksualitas anak berarti mendidik anak untuk berpikir, merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati dengan memberikan kehadiran, kedekatan, kelekatan peran keayahbundaan secara utuh dan seimbang sesuai dengan fase perkembangan anak.

Tehnik membangkitkan fitrah seksualitas anak :

1⃣ Usia 0 – 2 tahun
Pada usia ini anak harus dekat dengan bundanya, karena pada fase ini ada proses menyusui. Hadirkan hati, perhatian, sentuhan, pandangan ketika menyusui.

2⃣ Usia 3 – 6 tahun
Pada usia ini anak harus dekat dengan ayah dan bundanya. Sehingga membuat anak mampu membedakan sosok lelaki dan perempuan dan anak memiliki keseimbangan emosional dan rasional.

3⃣ Usia 7 – 10 tahun
Pada usia ini dekatkan anak sesuai gendernya. Jika anak lelaki, maka dekatkan dengan ayahnya. Ayah membimbing anak lelakinya untuk memahami peran sosialnya.

Ajak anak beraktivitas yang menonjolkan sisi ke-maskulin-annya. Seperti mencuci motor, akrab dengan alat-alat pertukangan, bermain sepak bola, dan lain sebagainya.

Jika anak perempuan, maka dekatkan dengan bundanya. Ibu membangkitkan peran keperempuanan dan keibuaan anak.

Libatkan anak dalam aktivitas yang menonjolkan ke-feminin-annya. Seperti memasak, membuat kue di dapur bersama anak, merangkai bunga, menjahit dan sebagainya.

4⃣ Usia 11 – 14 tahun
Pada usia ini mulailah menukar kedekatan (lintas gender). Jika anak lelaki, maka dekatkan pada bundanya. Jika anak perempuan, maka dekatkan pada ayahnya.

Anak lelaki lebih didekatkan kepada ibunya, agar dapat memahami perempuan dari cara pandang seorang perempuan atau ibunya.

Anak perempuan lebih didekatkan kepada ayahnya, agar dapat memahami lelaki dari cara pandang seorang lelaki.

5⃣ Setelah 14 tahun

Ini masa dimana fitrah seksualitas kelelakian matang menjadi fitrah peran keayahan sejati, dan fitrah seksualitas keperempuanan matang menjadi peran keibuan sejati.

Tugas orangtua sudah selesai di usia ini. Anak sudah bertanggungjawab pada dirinya sendiri.

*Seberapa pentingkah untuk kita bangkitkan?*

⭐ Penting untuk kita bangkitkan, karena ia salah satu fitrah yang sudah Allah install dalam diri manusia, dan jika berkembang dengan sempurna, akan membuat aqil dan balighnya datang secara bersamaan sehingga mengokohkannya dalam menjalankan peran spesifik dalam hidupnya.

⭐ Penting karena membuat anak mengerti tentang identitas seksualnya.

⭐ Penting karena anak dapat mengenali peran seksualitas yang ada pada dirinya. Sehingga anak lelaki kita akan tumbuh menjadi lelaki dan ayah sejati dan agar anak perempuan kita tumbuh menjadi perempuan dan ibu sejati.

⭐ Penting karena mengajarkan anak untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksual.

*Solusi :*

💖 Menguatkan iman dan takwa dari dalam rumah

💖 Mengedukasi para ayah dan bunda tentang perannya dalam membangkitkan fitrah seksualitas anak

💖 Memberikan pendidikan seks kepada anak sesuai dengan usianya.

*Referensi*

Santosa, Harry. 2016. Fitrah Based Education versi 2.5. Yayasan Cahaya Mutiara Timur. Depok.

Teo, Watiek Ideo. 2017. Aku Anak yang Berani 2. Kompas Gramedia. Jakarta.

Chomaria, N. 2012. Pendidikan Seks untuk Anak. Alasan. Solo.

https://m.facebook.com/indonesiaparenting/posts/487089238305266

http://suarajakarta.co/lifestyle/mendidik-anak-sesuai-fase-dan-fitrah-seksualnya/

http://www.ummi-online.com/membangkitkan-fitrah-seksualitas-pada-anak-bagian-1.html


_Oleh : KELOMPOK 2_
_(Uni Mel - Gina - Khauli - Ami)_


#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11
[6/1 16:23] ‪+62 852-7745-2667‬: Pernahkah bunda menghadapi anak2 yang bertanya seperti :
1. Ketika membaca buku tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Ada istilah tentang bersetubuh. Anak laki-laki usia 7 tahun bertanya, apakah arti bersetubuh,itu ummi?
[6/1 16:26] ‪+62 852-7745-2667‬: Kasus ke dua,
Ketika membacakan terjemahan surah ath-thariq kepada anak, pada arti ayat ke-6, yang artinya: dia diciptakan dari air ( mani) yang terpancar? Anak usia 7 tahun laki mulai bertanya,apa itu air mani?
[6/1 16:28] ‪+62 813-6343-8007‬: Mau bertanya.. Ada sedikit yg mengganjal bunda... Anak kedua sy laki2, dia tidak mau benda apapun utk nya yg berwarna Pink, krn dia beranggapan kl warna Pink itu utk perempuan,pernah dia minta buku, dan ditempat terdekat hanya ada yg warna Pink, dan dia tdk mau, pdhl butuh bgt buku tsb, dan pernah jg waktu itu mau beli gorden, dia gak mau kl bundanya beli yg berbunga2, krn itu jg pertanda perempuan.  Yg jd pertanyaan, bagaimana sebaiknya sikap saya? Makasih bunda...
[6/1 16:35] HMI Deasy Khld: Izin bertanya Bun?

1. Apakah memberikan pendidikan seks kepada anak sama dengan membangkitkan Fitrah seksualitas anak?
Jika tidak dmanKaj perbedaannya?

2. Bagaimana menghadapi isu gender yang hari ini banyak di gaungkan oleh para feminis dunia terkait dengan upaya membangkitkan fitrah seksualitas anak2?
[6/1 16:52] ‪+62 852-7745-2667‬: 1. Bunda yeni
Mau bertanya.. Ada sedikit yg mengganjal bunda... Anak kedua sy laki2, dia tidak mau benda apapun utk nya yg berwarna Pink, krn dia beranggapan kl warna Pink itu utk perempuan,pernah dia minta buku, dan ditempat terdekat hanya ada yg warna Pink, dan dia tdk mau, pdhl butuh bgt buku tsb, dan pernah jg waktu itu mau beli gorden, dia gak mau kl bundanya beli yg berbunga2, krn itu jg pertanda perempuan.  Yg jd pertanyaan, bagaimana sebaiknya sikap saya? Makasih bunda...
[6/1 16:52] ‪+62 852-7745-2667‬: Jawaban dari anggota kelompok 2 ( bunda ami) warna itu netral, selama kita tetap mengajarkan kemaskulinan dan kefemininitas kepada anak2 kita sesuai gendernya. Kalaupun anak2 tidak suka warna pink, hal itu wajar dan baik-baik saja, berarti dia mampu menidentifikasi warna mana yg sering dikaitkan dengan perempuan dan menjauhi warna pink karena menurutnya itu tidak sesuai dg pribadinya.  anak saya umur 3,5 tahun, laki2, menyukai banyak warna, diantaranya warna pink/merah. saya melihat dia menyukainya karena warna trsebut cerah dan menyegarkan. sikap yg saya ambil jika ia memilih warna pink, mengalihkannya ke warna lain, tapi juga tidak melarang untuk menyukainya.
[6/1 16:58] ‪+62 852-7745-2667‬: 2. Bunda deasy
Izin bertanya Bun?

1. Apakah memberikan pendidikan seks kepada anak sama dengan membangkitkan Fitrah seksualitas anak?
Jika tidak dmanKaj perbedaannya?

2. Bagaimana menghadapi isu gender yang hari ini banyak di gaungkan oleh para feminis dunia terkait dengan upaya membangkitkan fitrah seksualitas anak2?
[6/1 16:58] ‪+62 852-7745-2667‬: Jawaban
menurut bunda ami . beda, pendidikan seks adalah irisan dari membangkitkan fitrah seksualitas. fitrah seksualitas lebih pada  membentuk pola pikir dan rasa sesuai gender, kalo pendidikan seks lebih kepada fisik, seperti mengenalkan organ seks sampai mengenalkan aktivitas seksual
[6/1 16:58] ‪+62 852-7745-2667‬: Menurut bunda gina : pendidikan seks bagian dr membangkitkn fitrah seksualitas. karena salah satu tujuan membangkitkan fitrah adl unt mengenali identitas seksualnya. Dlm pendidikan seks ada bagian memahamkan ank tentang identitas seksualnya.
[6/1 16:58] ‪+62 852-7745-2667‬: Mnrt uni mel : ustd harry santosa mengatakan pddkn fitrah seksualitas berbeda dg pendidikan seks
[6/1 16:58] ‪+62 852-7745-2667‬: Intinya: BERBEDA ANTARA PENDIDIKAN SEKS DENGAN MEMBANGKITKAN FITRAH SEKSUAL
[6/1 16:58] ‪+62 852-7745-2667‬: 2. menghadapi isu gender adalah  tetap tenang, namun waspada. Feminis orang yg menggaungkan kesetaraan gender, namun meninggalkan peran keibuan, sehingga kewajibannya tertinggal. kita mengedukasi anak2 perempuan kita untuk tetap berkarya namun jg menyampaikan bahwa wanita suatu saat menjadi ibu, tugas utama ibu adalah tidak lengah mendidik anaknya sebaik meski ia ingin berkarya/berkontribusi di ranah publik
[6/1 17:00] ‪+62 852-7745-2667‬: 3. Bunda iin
Izin bertanya bunda..🙏🙏

Apakah anak laki-laki yang bermain boneka termasuk pd penyimpangan fitrah seksualitas?
[6/1 17:00] ‪+62 852-7745-2667‬: Jawabannya:
para pendongen seperti kak rico, kak bimo, mereka berprofesi tak jauh dari boneka. Mungkin sebaiknya main bonekanya sambil ditemani ayah bundanya sambil bercerita. jadi titik  fokusnya kita alihkan bukan ke bonekanya, tapi menjadikannya sarana dalam mendidiknya
[6/1 17:03] ‪+62 852-7745-2667‬: Closing statement kelompok kami : Sejatinya, kesempurnaan fitrah seksualitas bergantung dari bentang doa, tawakkal kepada Allah, menjaga keutuhan peran serta perhatian kita, para orangtua kepada anak. Sebutir mutiara terlahir cemerlang, kitalah yg akan menjadikannya berharga atau sebaliknya.
😍😍😍😍


Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory