Materi Mentorship Bunda Cekatan : Check In


Pada pekan ke 4 ini materi yang kami dapatkan adalah tentang Check-in. Materi ini antara lain berguna untuk melakukan cek dan ricek hubungan antara mentee dengan mentor.
Panduan yang diberikan oleh Bunda Septi Peni Wulandani, Founder Ibu Profesional antara lain : 



Pekan ini adalah momentum untuk melakukan penilaian hubungan antara mentee dan mentor secara lebih jujur. 


Sebagai mentee saya harus mengupdate sudah sampai dimana perkembangan saya dan apayang sudah saya lakukan terhadap tugas pekan sebelumnya dimina kami diminta untuk membuka kembali mind map, mengecek kesesuai program mentorship ini dengan hal yang ingin kami kembangkan. Begitu pula sebagai mentor, saya harus mengupdate informasi dari para mentee apakah yang mereka butuhkan bisa kami capai secara bersama dimana proses tersebut saya dampingi sebagai mentornya.

Tim Bunda Cekatan memberikan petunjuk yang bisa kami gunakan dalam proses Check-in, yakni melakukan eksplorasi dari apa yang telah difahami dan dijalani selama program mentorship dilakukan. Lalu adakah pemahaman baru yang diperoleh selama ini, dan bagaimana penerapannya dimasa selanjutnya. Kami diminta untuk membuat action plan atau mendampingi mentee membuat action plan mereka.



Sekali lagi, pada proses Check-in ini kami diminta untuk jujur dan berterus terang terhadap kondisi kami, baik sebagai mentee maupun sebagai mentor. Lalu, kami diminta mengamati progres yang telah dicapai, lalu bagaimana tindak lanjutnya.

Rencana Tindak Lanjut (RTL) adalah kunci kesuksesan, ketika apa yang telah kita dapatkan, lalu kita internalisasi sebagai pemahaman baru namun tidak dilakukan sebagai langkah awal untuk berubah, tentu semua hanya akan menjadi angan-angan atau harapan perubahan semata.

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory