Optimalisasi Google Drive, catatan mentorship minggu 2

Optimalisasi Google Drive


Saya mengambil program mentorship terkait optimalisasi Google Drive untuk kebutuhan pengumpulan dan pemanfaatan data yang saya miliki. Pada minggu ke-2 mentorship ini saya ingin menuliskan tujuan dari pelaksanaan mentoring yang saya lakukan. Berdasarkan panduan mentorship yang diberikan, pada minggu ke-2 ini ada 3 hal yang akan saya lakukan, yakni :
  1. Hal yang apa yang dapat saya tingkatkan
  2. Apakah tujuan yang ingin saya capai itu spesifik, realistis, dan dapat saya kendalikan
  3. Bagaimana perasaan saya tentang proses penetapan tujuan.
Sementara, tujuan saya melaksanakan mentorship ini adalah merancang pengumpulan dan penyajian data yang baik terkait portofolio anak-anak saya.

Maka untuk itu saya akan memaparkan tentang 3 hal yang sedang dan akan saya lakukan selama mentoring dilakukan.

Hal yang saya lakukan utnutk meningkatkan kemampuan diri salama proses mentoring ini pertama saya mencari informasi untuk memahami aplikasi apa yang bisa saya gunakan, dan saya memilih mengoptimalkan Google Drive saya. Selama ini memang saya sudah menggunakan Google Drive namun ternyata penggunakan aplikasi dan layanan penyimpan dari Google ini masih bisa saya gunakan secara lebih optimal. Saat ini file-file saya baik yang formatnya doc, cxl, slide atau pun foto belum terintegrasi, perlahan saya akan membuat semua data yang saya miliki lebih terintegrasi dan lebih mudah diakses.

Saya menambah informasi terkait optimalisasi Google Drive ini adalah dengan mencari informasi secara daring, misalnya saya membuka 15 tips dan trik untuk memaksimalkan google drive andaTips trik optimalisasi google drive pada android.
Saya juga mulai membenahi file-file yang saya miliki, baik yang terdapat di android, tab atau pun laptop. 

Untuk menilai apakah tujuan yang saya buat spesifik, realistis dan dapat saya kendalikan, saya membuat perencanaan denga metode SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound). Atau jika diartikan spesifik, terukur, dapat diraih, relevan dam memiliki jangka waktu). Tentang perencanaan ini akan saya buat khusus dalam kalender kerja. Perasaan saya saat menetapkan tujuan adalah bersemangat. Saya membutuhkan program ini, maka saya berkomitmen diri untuk mewujudkannya baik secara konsep mau pun teknis.

Selain itu saya memiliki partner dalam mentorship ini, yang sudah terlebih dahulu melakukan upaya yang sama dengan sukses. Maka saya merasa, kehadiran partner dalam program mentorship saya adalah membantu saya untuk mewujudkan apa yang saya tuju.  Mba Annisa Novita atau mba vivi, membuatkan catatan kecil buat saya yang bisa menjadi bahan diskusi bagi saya dan beliau selama proses mentorship ini dilakukan. Catatan dari mba vivi bisa dibaca di Notes for mentorship project by Annisa Novita for Elva.

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory