Kelas Kupu-kupu : Mentorship Minggu 1


Saat ini saya memasuki kelas Kupu-kupu di Bunda Cekatan. Kelas ini menarik sekali, kami diperkenalkan sistem baru di fb grup yang bisa kami gunakan untuk belajar, berkembang dan berdampak. Tahap kupu-kupu pekan pertama ini kami diperkanalkan dengan kegiatan Mentorship. Pada pekan pertama ini kami diminta untuk berusaha menjadi Mentor dan juga menjadi Mentee. Kegiatan Mentorship ini akan kami lakukan selama 8 pekan. Panduan kegiatan Mentorship ini diberikan oleh facebook dengan menggunakan media FB Mesengger. Saya jadi tertarik untuk mencari tahu lebih detail apa itu FB Mesengger, silahkan membaca Apa itu Messenger?.

Pada program Mentorship ini, kami diminta menjadi mentor untuk membagikan pengalaman, keahlian yang kami miliki berdasarkan aktivitas dan karya yang telah kami hasilkan selama ini. Sementara, kami diminta menjadi mentee untuk belajar tentang aktivitas atau pun keahlian yang ingin kami tingkatkan kualitasnya.

Saya tertarik menjadi Mentee untuk urusan membenahi Portofolio Aktivitas anak saya. Saya mau mentabulasi data dan dokumentasi aktivitas yang telah dilakukan oleh anak-anak saya. saya bersyukur menemukan Mba AN(Mba Vivi) yang sudah lebih faham menggunakan Spreadsheet dan tabulasi data sejenis. Saya sangat berharap bisa melakukan banyak hal yang sudah saya tunda-tunda selama ini mengerjakannya.

Lalu saya membuat pernyataan berikut mengenai kondisi saya :
  1. Saya tertarik ikut serta dalam program Mentorship ini karena menurut saya, saya bisa belajar dari mentor secara lebih intens tentang pembuatan data di dalam Portofolio Aktivitas anak yang bisa diakses secara online, gampang dan bisa menunjukkan perkembangan dan keberminatan anak saya.
  2. Saat ini saya sudah memiliki data awal yang akan saya pelajari cara membuatnya dalam bentuk spreadsheet. Saat ini data dan dokumentasi aktivitas anak-anak masih terpisah-pisah.
  3. Saya berharap Mentor saya bisa membantu saya dalam pembuatan spreadsheet yang terhubung secara online baik ke data atau dokumentasi sumber. Saya sangat senang jika Portofolio anak-anak saya nantinya bisa dibuat sesuai fitrah perkembangan anak-anak saya dan sesuai minat bakat mereka
Saat ini saya memiliki 4 Mentee dalam hal pengembangan kapasitas diri dan komunitas (leadership Community). Namun uniknya masing-masing mentee saya ini memiliki kebutuhan yang tidak sama.
Mereka adalah :
  1. SE. Beliau adalah member IP Jogja. Mba SE memiliki berbagai kegiatan di ranah public, saya sangat kagum dengan CV beliau, kami berkeinginan untuk membuat Peer Mentoring selama program Mentorship ini kami ikuti.
  2. PMS. Mba PMS berasal dari IP Tangsel. Beliau lebih membutuhkan bantuan terkait Manajemen waktu agar aktivitas beliau bekerja di ranah publik dan domestik bisa dilakukan secara optimal dengan tidak dihantui perasaan tidak beraktivitas maksimal bersama anak.
  3. ED. Mba ED berasal dari IP Gresik. Saat ini beliau beraktivitas di internal IP dan di eksternal IP. Beliau membutuhkan bantuan bagaimana manajemen diri agar bisa beraktivitas di lingkungan eksternal IP dengan lebih baik, beliau ingin interaksi dengan member komunitas eksternal IP yang merupakan ibu-ibu muda yang dipimpinnya, bisa berlajan dengan lebih baik.
  4. OC. Mba OC berasal dari IP Jogja, beliau membutuhkan pengembangan kapasitas diri untuk bisa beraktivitas dibeberapa komunitas dan lingkungan sekitar. Beliau membutuhkan bantuan untuk memperbaiki pendekatan dan teknis mengembangkan orang lain dengan lebih baik dari yang selama ini beliau lakukan. Serlama ini beliau merasa pendekatan beliau terlalu terus terang dan to the point.
Saya menerima 4 orang Mentee ini karena saya berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas diri dalam bidang Human Capital, Leadership Community. Cara belajar dengan melakukan sharing atas apa yang saya lakukan selama ini menurut saya adalah cara belajar terbaik yang bisa saya lakukan dan terus kembangkan.


Tujuannya, saya menantang diri saya sendiri untuk memperbaiki manajemen waktu, prioritas, manajemen diri dengan pengaturan emosi yang lebih baik, memperluas jaringan member. Lalu saya juga akan berlatih untuk membantu para Mentee saya terbiasa melihat permasalahan dengan memetakannya dan terbiasa memberikan SOLUSI terhadap masalah yang mereka hadapi.

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory