Menyelami permasalahan kita, understanding your problem


Menyelami permasalahan kita atau understanding your problem tentu hal yang sangat menarik untuk didiskusikan. Saat bertemu masalah biasanya kita buru-buru atau bingung cari solusi. Sebenarnya yang harus dilakukan adalah jangan terburu-buru membuat aksi, kalau kita tidak memahami masalah kita secara mendalam.

Di perkuliahan Bunda Salihah kami diajarkan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memahami masalah antara lain :

  1. Love your problem, mencintai masalahmu, dengan memahami, tidak sekedar tau dipermukaan.
  2. Diterima masalahnya, dipahami dengan menyelam sampai dalam, kemudian digali terus, akarnya dimana?

Di awal perkuliahan Bunda Salihah, kami diminta melakukan pencarian masalah sendirian, sekarang kami diminta melakukannya bersama tim. Tujuannyam agar setelah melakukan pencarian masalah bersama team maka problem suistanablenya/keberlanjutannya akan beda.

Saya memiliki Problem Statement seperti ini, jika teman-teman mau melihat silahkan berkunjung yah..

Saya dan beberapa teman saya bergabung dalam sebuah tim, nama yang kami sematkan adalah Tim Sewaktu (Selesai Manajeman Waktu). Tim ini terdiri dari 3 mahasiswa Bunda Salihah dan 2 mahasiswa Matrikulasi dan Bunda Sayang. Jadi kami semua anggota Ibu Profesional. 

Kami berasal dari beberapa daerah, Saya, Elva, Bunda Desi dan Bunda Nisa berasal dari Ibu Profesional Sumatera Utara. Teman kami lainnya yakni Bunda Desi berasal dari Ibu Profesional Jakarta, sementara Bunda Nunung berasal dari Sulawesi Tenggara.

Understanding your problem

Untuk lebih memahami apa yang menjadi masalah kami bersama, langkah-langkah yang harus kami lakukan antara lain:

  1. Mendiskusikan problem statement dengan tim. Kami melakukan diskusi dengan media zoom dan WAG. Pada awalnya kami mengumpulkan apa yang menjadi masalah kami terkait dengan manajemen waktu. Semua memaparkan masalahnya masing-masing. Lalu kemudian kami melakukan brainstorming bersama untuk menetapkan apa yang masalah KAMI/KITA. Bagi teman-teman yang diluar ibu pembaharu, kami melakukan diskusi secara bertahap agar teman-teman memahami problem statement yang sudah kami buat terlebih dahulu di tantangan 1 dan 2 di kelas Ibu Pembaharu. Saat diskusi kami menemukan adanya benang merah antar masalah dari masing-masing anggota tim kami. 
  2. Lalu Kami menyelami masalah Bersama. Tim Sewaktu mencoba menyelami masalah lebih dalam untuk membuka wawasan dan sudut pandang. Saat menyelami masalah kami tersebut kami mencoba membaca buku dan beberapa  artikel, melihat video yang bertemakan manajemen waktu.
  3. Hasil pencarian yang kami lakukan, lalu kami kirimkan ke WAG agar, Bunda Dewi Sekretaris Tim Sewaktu, bisa mendokumentasikan nya sebagai file tim.
  4. Setelah itu kami pun membuat problem statement yang mencerminkan apa yang menjadi masalah kami.

Diskusi problem statement.

Saat melakukan aktivitas starbusting (bentuk brainstorming yang berfokus pada merancang pertanyaan dari pada jawaban). Kami masih saja mencari "tanya" sekaligus menjawabnya, saya pikir hal itu menunjukkan kami tidak sabar untuk lompat ke solusi..hehehe

Kami memilih masalah MANAJEMEN WAKTU, sebagai masalah kami bersama. Setelah memberikan pandangan kami masing-masing, saya yang bertugas membuat resume TIM. lalu saya membuatkan disain sederhana. Disain yang saya buat tidak berbentuk bintang seperti yang dicontohkan ibu Septi, saya membuatkan disain sederhana ala kami.

Dalam resume yang kami hasilkan, kami mentabulasi pertanyaan berdasarkan 5W1H atau WHAT, WHERE, WHO, WHEN, WHY, HOW tentang Manajemen Waktu.

Kami melakukan brainstorming dan menuliskan pertanyaan yang dimulai dengan kata dalam 5W1H tersebut.

Kami melakukan brainstorming pertanyaan sampai kami memiliki minimal 3 pertanyaan untuk setiap kata yang akan kami gunakan untuk diskusi lebih lanjut. Kami mencoba menerapkan the power of question dalam 5W1H yang kami buat

Hasil brainstorming kami menghasilkan The power of question Manajemen Waktu. Silahkan teman-teman lihat yaa..

Selanjutnya kami juga membuat jawaban singkat dari The power of question Manajemen Waktu secara sistematis agar lebih memahami masalah.

Selanjutnya kami pun secara bertahap membuat Jawaban Pertanyaan Manajemen Waktu.

Menyelami Masalah (Pahami Masalah Dengan Benar)

Hal ini akan menjadi PR kami bersama. Beberapa hal yang menjadi panduan dalam menyelami masalah antara lain :

  1. Mengumpulkan Informasi baru tentang masalah. Setelah kami memahami titik awal masalah kami, kami mulai mengumpulkan semua kemungkinan informasi baru tentang masalah Manajemen Waktu. Hal yang kami lakukan antara lain adalah membaca artikel terbaru dari sumber resmi, kami belum membahas artikel dan video secara bersama, ini menjadi tugas kami selanjutnya. Kami merencanakan diskusi terjadwal setiap Senin malam.
  2. Apakah kami sudah menggunakan passion kami dalam mendalami masalah?. Saya pikir belum.
  3. Analisis masalah dari berbagai sudut pandang 360 degree. Saya teringat bahwa 360 degree ini sudah kami bahas sebelumnya di kelas Bunda Cekatan. Saya membaca kembali 360 Degree sebagai salah satu cara menilai feedback dari apa yang kita bahas saat ini.
  4. Lihat situs web resmi organisasi dunia. Kami membagi tugas untuk mengecek situs resmi yang bisa kami gunakan untuk mempertajam probelm statement yang kami lakukan.



Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.