Festival Pekan Rawat Diri

 


Saya merasa penasaran untuk mengikuti kelas ini, saya termasuk workaholic, dan pada akhirnya kekurangan waktu tidur. Pada awal materi perdana yang saya ikuti bersama dr.Anna Purnamasari, Sp.Kj saya mendapatkan beberapa hal pembelajaran mengenai tidur.

Sebelumnya saya mengetahui tidur ya tidur saja, tidak menggunakan definisi. Ternyata definisi tidur ada yakni berkaitan dengan menurunnya kesadaran namun biasanya mampu bangun dengan sadar. Berbeda misalnya saat seseorang pingsan, tidak bisa bangun dengan sadar. Proses tidur ternyata sangat kompleks. Hal yang kompleks ini berhubungan dengan aktivitas otak. Pada Saat tidur otak tetap dinamis bergerak, hal tersebut bisa diamati juga dari gerak mata yang terjadi saat seseorang tidur. Ada yang bergerak cepat (REM) dan tidur tanpa gerak mata cepat (NREM).

Irama Sirkadian. 

Irama atau ritme Sirkadian adalah istilah yang digunakan untuk mengatur kebiasaan fisiologis atau kegiatan yang dilakukan setiap hari. Beberapa hal yang mempengaruhi irama Sirkadian ini antara lain; 
  1. Perubahan fisik, mental dan perilaku yang mengikuti siklus harian seseorang
  2. Gelap - terang kamar
  3. Jam biologis
  4. Produksi Melatonin
Kebutuhan tidur pada manusia berhubungan dengan usia dan jam biologis. Misalkan, pada usia anak-anak (6-12 tahun) kebutuhan tidur kita mencapai 12 jam. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan tidur seorang dewasa yang berusia 18 - 40 tahun hanya 7 - 8 jam per hari.

Namun, tidur tidak selamanya mudah dilakukan oleh orang tertentu, banyak masalah gangguan tidur yang dialami sehingga mengakibatkan tidak berkualitasnya tidur yang dilakukan. Gangguan-gangguan tidur antara lain berupa Insomnia, Hipersomnia, Narkolepsi, Somnolensi, Nightmare, Somnambulisme. Wah beragam sekali.

Alasan saya mengikuti kelas ini adalah memperoleh kualitas tidur yang lebih baik dan bisa tidur dengan bahagia.

Pada Festival Pekan Rawat Diri Edisi pengelolaan tidur ini kami akan melatih tidur kami. Cara yang diberikan adalah dengan melatih diri membuat target harian dan menuliskannya dalam jurnal harian dan jurnal mingguan.



Kami juga diminta mencari beberapa tools yang bisa kami gunakan untuk mengontrol kualitas tidur, namun saya belum melakukannya. Saya mau tidur dulu, hehehe..








Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.