Elvacitrasari#Kelompok20#Tugasmateritiga

Ruang untuk mengembangkan diri
#RuangBerkaryaIbu
#Projectdua
#Tugasmateritiga
#Kenalipotensimuciptakanruangberkaryamu

Setelah membaca materi dua lalu, saya ingat memberikan ruang hanya untuk kegiatan eksternal saya.

Kegiatan internal dan yang berhubungan dengan keluarga tidak saya cantumkan.

Saat materi ke tiga diberikan saya bersyukur diingatkan untuk juga menuliskan serta melaporkan keguatan ini.

Buat saya ini sesuatu hal yang penting, karena terkadang saya terlupa untuk lebih mengorganisirkan dengan rapi terkhusus dalam membyat catatan laporan yang bisa saya evaluasi bersama suami.

Di tugas materi tiga kali ini ruang ya g akan saya laporkan terkait mengasah bakat saya adalah :
1. IDEATION : di tahun 2018 ini saya memang betusaha menggali dan merancang kegiatan anak-anak saya dengan lebih berdasar kepada kebutihan mereka. Bukan saya kegiatan tour cendekia yang berdasarkan pada link yang saya punya. Jadi urutannya adalah kebutuhan anak baru linknya akan saya upayakan baik yang saya punya selama ini atau pun mencari link baru.

2. COMMAND : memiliki bakat ini harus juga melihat sisi suami dan anak-anak. Ada hal-hal yang harus saya "rem" dan menjadi bagian dari tugas suami dan anak-anak.
Meski pun ada sisi ACHIEVER menyertai bakat COMMAND saya tetap saja pendidikan dan pengasuhan anak-anak harus saya bagi dengan suami dan harus dilakukan dengan ENJOY.
Catatan tambahan buat saya adalah mencari cara yang menarik untuk memberikan instruksi atau pun pendelegasian tugas serta tanggung jawab.
Saya melihat terkadang anak saya yang sulung menjadi tertekan dan takut berada di sekitar uminya yang mengatur dan ingin perfeksionis dalam hasil.
Mengembangkat bakat COMMAND dan ACHIEVER dalam diri saya yang berkaitan dengan keluarga harus saya lakukan dengan COMMUNICATION yang intensif dan tetap santun.
PR besar bagi saya untuk mencari cara yang santun dan tidak terlalu "ceplas-ceplos" dan terus terang dalam menyampaikan sesuatu, karena terkadang anak-anak saya sangat jujur menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Di materi kali ini saya melihat tugas khusus untuk KANDANG JAM yang juga harus saya laporkan.

Saya mengajak anak-anak untuk membuat schedulle mingguan untuk anak-anak saya berkaitan aktivitas mereka.

Anak-anak mulai memperlajari target yang harus mereka capai tiap minggu. Mereka ingin target berhasil apa dalam minggu ini, walaupun terkadang masih belum mandiri untuk pencapaiannya tapi saya sudah bersyukur anak-anak sudah mulai rutin melakukannya.

Kandang jam saya, saya buat dengan lebih fleksible. Saat belajar agar tidak stres dan malah merusak target yang telah saya buat.

Satu hal yang harus saya siasatu adalah DISIPLIN dalam pengelolaan KANDANG JAM saya. Saat ini saya masih sering kehilangan fokus kegiatan sehingga itu dengan sendirinya mendatangkan stres bagi saya.

Kandang jam tersebut :
Pagi :
Subuh - 08.00 WIB waktu mempersiapkan kebutuhan keluarga.
08.01-10.00 WIB Rehat/olah raga pagi
10.01-12.00 WIB Masak/ngaji
12.01-14.00 WIB ISHOMA
14.01-16.00 WIB Kegiatan rutin bersama sahabat, kegiatan sosial, tour cendekia/senyum dunia.
16.01-18.30 WIB Kegiatan menjemput anak
18.31-20.00 WIB ISHOMA
20.01-21.30 WIB Kegiatan bersama keluarga
21.31-22.00 WIB mengantar anak-anak tidur
22.00-23.30 Me time (nonton dan menyusun kegiatan esok hari)

Melihat Kandang Jam saya ini saya harus punya space khusus terus mengasah diri dalam berdisiplin dan fokus pada kegiatan utama. Memang saya selalu menjadi penyelesai pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh suami saya karen beliau terkadang terkendala hal "emergency" pasien beliau. Untuk mengurangi stres saya harus lebih berdisplin dan tetap BERGEMBIRA melakukan aktivitas sehari-hari.

Semoga ini menjadi moment yang saya jaga konsistensinya dalam mengembangkan diri dan keluarga.

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory