Fasilitator dan Microteaching

 


Fasiltator

Microteaching

Pada microteaching bagian 2 ini, kami diminta untuk melatih kemampuan mengelola forum yang akan mengidentifikasi perbedaan Tim dan Kerumunan.

Sebagai pembuka, fasilitator bisa membuka dengan salam, lalu melakukan ice breaking atau bina suasana. Tujuannya agar peserta kita menjadi lebih fokus, bersemangat memulai materi. Setelah peserta lebih fokus, kita bisa memulai dengan masuk kepada materi.

Materi yang akan dibahas dan kami latih adalah bagaimana peserta mampu membedakan antara tim dan kerumunan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh fasilitator :

  1. Membagi peserta kedalam 2 kelompok
  2. Menyiapkan alat bantu seperti video atau gambar
  3. Menyiapkan papan tulis, atau flipchart 
  4. Memberikan waktu kepada kelompok untuk berdiskusi dan mempresentasikannya
Saat melakukan diskusi kelompok, coba lihat bagaimana masing-masing anggota kelompok terlibat, setelah diskusi kelompok selesai, masing-masing kelompok memaparkan dihadapan forum. fasilitator bisa menanyakan kepada masing-masing kelompok apakah kelompok mereka mencerminkan tim atau malah kerumunan.

Saat kelompok berdiskusi, hal yang dilakukan fasilitator adalah mengamati kelompok, melihat waktu agar tepat waktu, dan mencatat hasil diskusi secara garis besar sehingga fasilitator mampu menarik benang merah diskusi yang dilakukan.

Sebagai seorang fasilitator, hal yang tidak boleh dilakukan antara lain adalah menilai peserta, membenarkan dan menyalahkan, tidak komunikatif.

Setelah diskusi dilakukan, peserta terlihat tetap semangat, saat ingin mengakhiri forum, kita bisa menanyakan kepada peserta sebagai HEE;
  1. Jika peserta melihat kedalam keluarganya, termasuk bagian manakah keluarga tersebut tim atau kerumunan
  2. Ajak peserta untuk menjadikan pertanyaan tersebut menjadi bahan diskusi menarik bagi keluarganya di rumah

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.