ASUS ExpertBook P2451, laptop canggih yang membuat hidup semakin produktif.

Pandemi menuntut kita untuk berubah. Mungkin tidak pernah terbayangkan saat produktivitas kita sangat tergantung dengan kecanggihan dunia digital yang bisa kita akses. Akses dunia digital yang kita lakukan tentu tidak terlepas dari perangkat elektronik yang kita miliki.

Sebagai seorang ibu yang aktif di beberapa komunitas, produktivitas saya sangat erat kaitannya dengan perlengkapan elektronik, salah satunya laptop. Saya senang menggunakan laptop dalam keseharian aktivitas saya karena beberapa alasan yakni tetap nyaman digunakan untuk bekerja baik menulis di blog saya, membuat disain sederhana, mendesain  aktivitas, mengatur manajemen organisasi yang saya ikuti.

Saat ini saya sedang mengikuti kelas Bunda Produktif di salah satu komunitas yang mengharuskan saya meng-upgrade diri terhadap pemanfaatan teknologi dalam aktivitas yang saya jalani. Saya berupaya agar mobilitas saya yang terbatas karena pandemi tidak  menghambat produktivitas yang bisa saya lakukan, begitu pun dengan dampak dari produktivitas tersebut.

Saat ini saya menggunakan laptop ASUS seri VivoBook 14_ASUS Laptop X407UAR. Saya  nyaman menggunakan laptop ini, namun jika ingin mengganti laptop saya akan memilih ASUS ExpertBook Series, khususnya ASUS ExpertBook P2451. Mengapa??

Alasan saya memilih  ASUS ExpertBook P2451 antara lain berdasarkan pertimbangan tips berikut ini :

  1. Mengetahui Performance Laptop
    ASUS ExpertBook P2451, memiliki performance yang kuat. Laptop canggih ini memiliki prosesor Intel Gen 10 CORE i7. Berbeda kinerja laptop tentunya dengan ASUS yang saat ini saya gunakan yang masih Gen7 Core i3. 
    ASUS ExpertBook P2451, juga memiliki kartu grafik NVIDIA GeForce MX110. Memori laptop ini 8GB yang bisa di upgrade sampai 32 GB. Laptop ASUS seri ini memiliki Hard Disk Drive dengan sistem Dual Storage, yakni 1TB HDD dan memiliki slot M.2 PCle SSD. Wi-fi 6 dan ASUS Wi-fi Master teknologi. Teknologi Wi-fi ini memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat dari Wi-fi 5. Jaringan Wi-fi pada laptop ini juga lebih cepat dan stabil. Laptop ASUS seri ini memiliki sistem Dual microphones dengan 360 noise-cancelling technology yang bisa menghilangkan suara-suara yang tidak diperlukan saat kita berbicara. Baterai laptop ini juga mampu bertahan selama 13 jam.

  2. Mengetahui platform atau OS yang digunakan.
    Pada umumnya, saat ini platform atau OS yang digunakan dalam laptop kita merupakan salah satu dari tiga platform atau OS populer yakni Windows, MacOS dan Chrome OS. 
    ASUS ExpertBook P2451, menggunakan Windows sebagai OS nya, dan selama ini baik menggunakan laptop keluaran ASUS atau pun lainnya, saya menggunakan OS yang sama. Maka karena lebih gampang saya gunakan saya juga akan memilih laptop dengan OS Windows seperti laptop seri ASUS ini.

  3. Spesifikasi laptop dan kaitannya dengan kebutuhan saya.
    Dari performance laptop 
    ASUS ExpertBook P2451 yang telah saya paparkan sebelumnya, ada beberapa performance yang bisa diupgrade pada laptop ini, yang nantinya itu dihubungkan dengan kebutuhan kita sehari-hari. Biasanya penyesuaian tersebut berhubungan dengan prosesor, Graphic Processing Unit (GPU), Random Acces Memory (RAM) dan penyimpanan. Laptop dengan prosesor i7 ini memiliki kinerja yang berada di level atas, hal lain yang masih bisa kita upgrade berdasarkan kebutuhan kita misalnya berhubungan dengan GPU. GPU pada ASUS ExpertBook P2451 ini adalah MX 110 yang nyaman digunakan untuk melakukan desain grafis. RAM laptop ini berada pada posisi ideal dari sebuah laptop yaitu 8GB, RAM ini masih bisa diupgrade sampai 32GB. Penyimpanan pada laptop jenis ini tersedia dalam HDD yang merupakan penyimpanan umum dengan kecepatan baca tulis standar, dan juga memiliki SSD yang memiliki kecepatan baca tulis 3x HDD pada umumnya, untuk gaming, video tentu penyimpanan SSD akan lebih saya pilih untuk digunakan.

  4. Keyboard dan touchpad pada laptop.
    Menggunakan laptop untuk mengetik dan melakukan pekerjaan kantoran lainnya membutuhkan kenyamanan dalam menggunakan keyboard dan touchpad
    ASUS ExpertBook P2451 memiliki spesifikasi keyboard yang sesuai untuk kegiatan bisnis. Keyboard pada laptop ASUS ini Spill Resistant jadi pengguna laptop ini tidak perlu khawatir dengan tumpahan minuman atau pun cairan. Backlit Design pada semua keyboard sehingga memudahkan kita melihat huru-huruf pada keyboard. Keyboard button on/off yang sudah di tes untuk menguji apakah tidak mudah rusak saat ditekan berulang-ulang, smart function, keyboard memiliki berbagai fungsi yang memudahkan kita saat menggunakan laptop, seperti melakukan screenshot, mengunci kamera web cam, mengakses my ASUS Aps dan log out. Keyboard laptop ini juga memiliki SensePoint design yang merupakan fitur yang terletak di tengah bagian keyboard, yang digunakan untuk mempermudah kita dalam mengatur kursor di layar.

  5. Ukuran layar 
    Ukuran layar pada 
    ASUS ExpertBook P2451 adalah 14 inci, ukuran layar ini cocok untuk saya biasanya menggunakan laptop untuk melakukan meeting atau pun mengikuti kelas secara online.

  6. Ketahanan baterai.
    Baterai 
    ASUS ExpertBook P2451 memiliki ketahanan sampai 13 jam penggunaan. Hal ini tentunya sangat membantu saat saya menggunakan laptop di luar rumah.

  7. Desain
    ASUS ExpertBook P2451, memiliki desain yang elegan. Laptop yang ultra ringan ini beratnya hanya 1,5 kg dan terbuat dari bahan metal. Ketebalan laptop ini tidak sampai 2cm. Walaupun ultra ringan, tipis namun kita tidak perlu takut karena 
    ASUS ExpertBook P2451 sangat kuat sesuai standar rialibilitas (keandalan) US Military Grade MIL-STD 810G. Dimana Hard Disk Drive tetap terlindung pada saat terjadi goncangan.

  8. Harga
    ASUS ExpertBook P2451, dijual dalam kisaran harga 599 - 1.019USD atau dalam kurs Rupiah saat ini sekitar Rp 13.512.000. 
Saat melihat salah satu pembahasan di zoom meeting yang dilaksanakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bersama ASUS tentang topik Secure your business with ExpertBook Series, saya sangat tertarik melihat keamanan yang ditawarkan oleh ASUS seri ini. Sebagaimana materi yang saya baca tentang keamanan data harus terlindung dari hacker, spammer atau penjahat cyber lainnya, salah satu upaya menjaga keamanan data adalah menggunakan laptop yang sudah teruji keamanannya.

Saya juga harus lebih hati-hati terhadap keamanan data yang saya miliki dan berusaha melindungi data tersebut dari pembuat virus, penyebar virus, pengumpul data personal yang  bisa saja jika data bocor mengakibatkan salah satu member menjadi korban pencurian data atau pun data yang bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk keamanan laptop ini dilengkapi dengan sistem Enterprise Grade Security yang dilengkapi dengan TPM 2.0. Sistem enterprise ini menjamin keamanan data. Tersedia sistem enkripsi atau kunci BIOS dan SSD dengan proteksi password. Kemudian port USB ditanamkan fitur USB Storage Block. 


Artinya tidak bisa sembarang colokan atau steker USB yang bisa terhubung ke laptop, yang bisa mengancam keamanan data lewat serangan malware atau pun sejenisnya. Laptop ini juga memiliki tambahan sistem keamanan Windows Hello yang menggunakan password berbasis teks, biometrik atau sidik jari dan pemindai wajah.

ASUS ExpertBook P2451 menyediakan aplikasi Secure File Shredder untuk menghapus file digital dengan sangat aman, sehingga ketika sebuah file sudah dihapus file tersebut tidak dapat dipulihkan (restore) dan diakses. Semua sistem dibangun pada fitur  Trusted Module Platform yang artinya data diproses dengan sistem enkripsi menyeluruh. 

Bagi saya  yang bekerja mengolah data bersama tim, dengan laptop ini saya juga bisa memastikan laptop saya aman. ASUS ExpertBook P2451 didukung aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center, sehingga saya juga bisa melakukan kontrol dan manajemen perangkat yang bisa dilakukan dari jarak jauh.

Saya pikir, laptop yang meraih performa terbaik di kelasnya berdasarkan PC MARK 10 ini,  akan membuat saya lebih produktif dan pilihan saya ini sangat cocok dengan kebutuhan saya saat saya ingin menggantikan laptop saya yang lama, benar kan?
Bagaimana, kamu juga punya pilihan yang sama dengan saya?.

Tulisan ini diikutkan dalam ASUSxIIDN Blog Writing Competition : "Perfect Device Built for Your Business".

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.