Tantangan 12 : Membantu anak memahami bahan bacaan, sebab akibat dari cerita

#Day7
#Tantangan12
#KelasBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Menjelang anak-anak ujian, saya dan suami akan mengajak mereka untuk membuat rangkuman atau pun cara yang bisa merekagunakan untuk untuk lebih mudah memahami pelajaran di sekolah. Kali ini yang kami gunakan adalah FISHBONE DIAGRAM.

Fishbone Diagram ini saya dalami setelah teman saya memperkenalkan Fishbone Diagram pada saya agak anak saya lebih mudah dalam mencerna pelajran yang telah dirangkum dengan menggunakan metode tertentu.

Fishbone Diagram ini sederhana dan akan mudah difahami oleh anak. Secara garis besar Fishbone Diagram mengajak anak untuk memahami isi bacaan dengan cara menetukan 5W+1H dari apa yang sedang dihadapi oleh anak dari sumber bacaannya.

Setelah anak membaca buku atau pun teks yang ada, anak diminta mendeskripsikan What, Why, When, Where, Who dan How dari isi buku atau pun teks tersebut.

Fishbone Diagram juga dikembangkan menjadi beberapa diagram lainnya yang secara prinsip hampir bersamaan maksud dan tujuannya.

Uraian tentang Fishbone Diagram ini juga bisa dilihat dalam link journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/59/54

Lebih lanjut cara pembuatan Fishbone Diagram dan dasar Filosofis apa itu Fishbone Diagram bisa dilihat dalam link http://www.academia.edu/7751112/Fishbone_Diagram_dan_Langkah-Langkah_Pembuatannya

Semoga bermanfaat ya untuk memudahkan ananda memahami isi bacaan..:)

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory