Tumbuh sesuai Fitrah


Zona G atau Zona Growth. Pada zona ini Ibu Septi Peni Wulandani mengulas materi tentang Growth Mindset dan Fixed Mindset.

Growth mindset: pola pikir yang selalu berkembang, kesuksesan dapat diraih dengan latihan dan kerja keras. 
Beberapa indikator yang dapat kita lihat dari Growth Mindset ini antara lain :
  • Selalu berani mencoba hal baru. 
  • Usaha pada apa yang dilakukan (fokus pada proses dan usaha). 
  • Berani mengambil resiko, keluar dari zona nyaman, tidak takut gagal (jika gagal tahu  bangkit). 
Lawan dari Growth Mindset adalah fixed mindset yaitu orang yang memiliki anggapan bahwa kesuksesan adalah dari bakat dan kecerdasan bawaan. 

Fixed Mindset ini ditandai dengan indikator :
  • Selalu merasa puas dengan kondisi/bakat yang dimiliki. Tidak suka belajar hal baru. 
  • Bangga dengan bakat alami, tidak tahu rasanya usaha dan kerja keras. 
  • Takut gagal, memilih zona nyaman/diam.
Saat memasuki zona ini, saya berpikir bahwa zona ini membuka peluang untuk melakukan refleksi diri dan refleksi dalam satu co house. Sudah bagaimana perkembangan saya dan teman-teman satu co housing sebelum melangkah dan berkolaborasi dengan teman-teman Hexagonia dari co housing dan cluster yang berbeda. Refleksi yang saya lakukan adalah apakah saya bisa melatih pola pikir, bersikap dan melakukan aktivitas untuk kemajuan diri, co housing, cluster, hexagon city, dan ibu profesional?. Menemukan jawaban iya, adalah hal yang mungkin tidak sulit untuk dilakukan, namun membuat perencanaan, kapan ingin direalisasikan, membutuhkan bukan saja komitmen, namun juga konsistensi.

Zona G ini memberikan tantangan bagi saya pribadi, selain aktivitas sebagai Sekjen Hexagon City, sebagai Hexagonia yang memiliki tujuan membuat buku Tuntas Manajemen Waktu dan Diri (TASMARI) menjadi tujuan saya bersama teman-teman dalam satu co housing.

Saya akan sangat berhati-hati dengan jadwal aktivitas yang akan saya jalankan. Selain aktivitas di Hexagon city saya memiliki beberapa amanah yang harus berjalan dalam waktu bersamaan. Apa yang ingin kami sampaikan kepada pembaca lewat buku TASMARI ternyata benar-benar harus saya latih hari demi harinya.

Dengan waktu yang terbatas, maka manajemen waktu dan emosi menjadi keharusan agar apa yang saya rencanakan terwujud dan saya tetap menjalaninya dengan bahagia dan penuh rasa syukur.

Kami diminta membuat jurnal personal. Jurnal ini adalah salah satu indikator sederhana yang bisa digunakan oleh setiap Hexagonia dalam menjalani proses belajar di Hexagon City. Saat diminta untuk membuat jurnal personal yang berisi tentang bagaimana saya menerapkan growth mindset dan termotivasi melakukan aktivitas produktif yang dimulai dari diri sendiri, co housing, cluster, hexagon city sampai kepada Ibu Profesional.

***

Selain jurnal yang sifatnya personal, kami diminta membuat katalog tentang project passion co housing Maudi. Alhamdulillah saya sudah membuatkan untuk teman-teman lengkapi. Saya senang melihat kerja sama yang kami lakukan untuk mewujudkan katalog yang bisa kami gunakan dan laporkan sebagai tugas bersama.

Biasanya saya akan menggunakan desain sendiri yang membuat tulisan di blog ini menjadi satu pola desain, namun saya kali ini saya akan menggunakan bahan yang dibuatkan teman-teman, saya ingin membuka tangan untuk menggunakan hasil karya bersama yang itu berasal dari banyak pemikiran dan karya teman dalam satu co housing Maudi.

Gambaran tentang project passion Maudi adalah :




Coba dengarkan video penawaran kami juga ya.




Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.