Air Terjun Sikulikap

Sumatera Utara memiliki banyak sekali objek wisata alam yang indah. Jika Kamu ingin berkunjung atau sedang berada di Sumatera Utara, salah satu  tempat wisata alam yang bisa Kamu masukkan dalam list  wisata alam adalah Air Terjun SikulikapAir terjun ini dikelilingi oleh hutan tropis yang membawa ketenangan dari suasana alamnya. 

Air terjun Sikulikap terletak di Jalan Jamin Ginting KM 5,4 Desa Doulu, Martelu, Kecamatan Siblolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Tepatnya berada di jalan Lintas Sumatera – Karo, sekitar 23 km dari Berastagi, Karo. Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini sebenarnya berada di antara dua wilayah administratif, yaitu Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Karo.

Konon kabarnya, nama unik Sikulikap sengaja diberikan oleh masyarakat etnis Karo, yang artinya burung elang. Nama tersebut diberikan karena pada waktu itu wilayah tersebut terdapat banyak burung elang.

Perjalanan menuju salah satu air terjun yang dekat dari Medan ini mudah dilakukan. Kamu bisa menjangkaunya dengan menggunakan mobil melewati jalan Lintas Sumatera - Jl. Jamin Ginting - Air Terjun Sikulikap.

Air terjun ini berada di bawah jurang Panatapan. Meskipun letaknya ada di bawah sebuah jurang, akses untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup baik. Pintu masuk Air Terjun Sikulikap tepat berada di tikungan Penatapan Berastagi. Jadi jangan sampai terlewat karena terkadang orang tidak melihat pintu masuk yang berada dibagian bawah jalan

Hal yang harus Kamu ketahui, untuk mencapai Air Terjun Sikulikap yang berada di dalam hutan, Kamu harus berjalan kaki selama 10 menit. Jalan setapak menuju air terjun ini juga sudah dirapikan dengan conblock agar mencegah pengunjung terpeleset. Namun tentu saja saat berjalan Kamu tetap harus berhati-hati ya.

Air Terjun Sikulikap ini sudah ada sejak lama, untuk sampai kesana, selain menggunakan kenderaan pribadi, Kamu juga bisa menggunakan transportasi publik. Tarif ongkos transportasi publik menuju lokasi ini sekitar Rp 10.000 - 15.000 untuk sekali jalan. Masih aman uang dikantong.

Harga tiket masuk Air Terjun Sikulikap 

Harga Tiket Masuk menuju air terjun cukup terjangkau. Untuk pejalan kaki, hanya dikenakan tarif Rp.5000 per orang, sementara sepeda motor Rp. 20.000 dan mobil Rp. 60.000. Setelah membayar tiket masuk, pengunjung tidak dimintai  bayaran apa-apa lagi didalam lokasi air terjun.

Aktivitas Seru di Air Terjun Sikulikap

Saat berkunjung ke air terjun ini banyak sekali hal seru yang bisa dilakukan. Beberapa aktivitas mengasyikkan yang bisa dilakukan di Air Terjun Sikulikap antara lain:

1. Hiking

Hiking adalah kegiatan berjalan kaki di jalan setapak sambil melewati pegunungan, semak-semak, hingga kawasan pedesaan. Jarak tempuh antara pintu masuk dengan air terjun juga tidak terlalu jauh. Jadi, Kamu bisa melakukan Hiking sambil menghirup udara segar.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan jalur Hiking di tempat ini. Dinas Pariwisata setempat sudah mengelola tempat ini dan membuat jalur menuju air terjun dengan pengaman dari beton.

Selain melihat pepohonan tinggi menjulang, Kamu mungkin akan menemui beragam jenis flora daun fauna asli di hutan tersebut. Air terjun Sikulikap berada di tengah hutan hujan tropis yang masih begitu alami. Di sekitar air terjun, Kamu dapat melihat monyet Gibon yang bergelantungan. Tenang saja, binatang itu tidak berbahaya, kok. Kamu dapat mengusirnya dengan menghentakkan kaki atau memberi mereka makanan, namun tetap harus berhati-hati dengan tas kamu ya, karena monyet ini bisa berpikir kamu membawa makanan untuknya.

Di sepanjang perjalanan, selain melihat monyet bergelantungan, Kamu juga bisa melihat jamur liar, anggrek hutan sambil ditemani suara gemuruh air terjun dan juga kicauan burung yang ada di sekitar wilayah tersebut. Lokasi ini juga terbilang aman saat dikunjungi bersama keluarga.

2. Menikmati Kopi di Tengah Hutan

Salah satu hasil perkebunan yang dibanggakan dari Sumatera Utara adalah kopi. Kamu bisa mencoba sensasi minum kopi di tengah hutan dan Air Terjun Sikulikap.

Di tempat ini, terdapat kafe bernama El Sierra. Letaknya juga cukup strategis dibagian muka, sehingga kafe ini banyak dimanfaatkan untuk duduk-duduk sebelum atau sesudah melakukan Hiking, dan tentu saja sambil menikmati kopi.

Katanya kafe ini dibuka pada Mei 2018. Kafe yang dibuat dengan konsep menyatu dengan alam ini semakin dikenal oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Sikulikap. Kafe ini juga dibuat dengan ornamen budaya Karo. Atapnya dibuat dengan gaya khas Karo dan dibuat sangat nyaman untuk para pengunjung.

Kafe ini menyediakan kopi yang dihasilkan oleh petani setempat. Salah satu jenis kopi yang diunggulkan dari daerah ini adalah Kopi Lau Gedang. Katanya pemilik kafe ingin para pengunjung dapat menikmati kopi khas dan juga meningkatkan nilai jual kopi asal karo.

3. Lokasi Camping untuk Keluarga

Selain terdapat kafe untuk beristirahat, pihak pengelola Air Terjun Sikulikap juga menyediakan lokasi camping yang ramah keluarga dan anak-anak. Saat berkunjung ke Air Terjun Sikulikap, Kamu akan banyak bertemu dengan keluarga, atau pun anak-anak muda yang berasal dari Medan dan sekitarnya untuk melakukan camping di sana.

Lokasi camping berada sekitar 150 meter dari area air terjun. Saat camping di kawasan ini, jangan lupa membawa jaket yang tebal, ya. Karena pada malam hari, lokasi ini sangat dingin sehingga pengunjung rentan terkena hipotermia.

Jika udara di sekitar terlalu dingin, Kamu diizinkan untuk membuat api unggun untuk menghangatkan diri. Kamu juga bisa membawa peralatan memasak dari rumah.

Tapi, perlu diingat, saat camping di tempat ini Kamu harus selalu menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan, karena hal itu tidak hanya merusak tempat wisata, tetapi juga alam yang ada di sekitar air terjun.

4. Olahraga Outdoor

Selain dapat bersantai dengan keluarga, Air Terjun Sikulikap cocok untuk pengunjung yang suka dengan olahraga outdoor dan ekstrem. Barisan tebing-tebing yang ada di lokasi ini cocok untuk Kamu yang suka memanjat. Bahkan, tempat ini sering dijadikan latihan oleh para atlet dan komunitas panjat tebing setempat. Lokasi untuk melakukan olahraga ini berada tepat di dekat air terjun.

Namun, untuk melakukan hal ini harus dengan izin dan kemampuan khusus ya.

5. Fotografi dan Videografi

Alam yang indah tentu menjadi salah satu objek foto dan video yang tidak boleh dilewatkan bagi penggemarnya. Pemandangan dan objek foto di sekitar Air Terjun Sikulikap memang sangat memanjakan mata. Bagi penggemar fotografi dan videografi Air Terjun Sikulikap bisa menjadi berbagai karya yang bisa diabadikan sebagai karya pribadi bahkan dikomersilkan.

Pengelola tempat ini juga menyediakan berbagai spot pengambilan foto atau video yang instagramable. Pengelola membuatkan beberapa rumah pohon yang bisa dijadikan spot berfoto yang tetap memperlihatkan sisi cantik air terjun. Selain menggunakan HP dan kamera pribadi, pengunjung juga dimudahkan dengan jasa foto yang bisa dicetak langsung. Harganya juga tidak terlalu mahal dan softcopy juga diberikan kepada konsumen.

Nah, yuk segera berkunjung ke Air Terjun Sikulikap yuk..


Komentar

Postingan Populer

Tentang Olfactory dan Gustatory

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Serunya Belajar Mind Mapping