Produktif sesuai Passion

Pernahkah kamu mengamati dua kelompok orang saat beraktifitas?. Kelompok pertama beraktifitas dengan penuh semangat, menikmati apa yang dia lakukan, sementara kelompok lainnya ada yang melakukan aktivitas biasa saja, terlihat tidak semangat dan bisa dibilang melakukan sesuatu hanya karena formalitas saja.

Apa ya yang membedakan kedua kelompok di atas?

Ternyata, salah satu yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan sesuatu adalah passion.

Apa sebenarnya passion?. Apakah sama dengan Hobi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), passion artinya yaitu kegemaran, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan, dan kecemasan.

Sedangkan dictionary.com, mengartikan kata passion ini menjadi beberapa pengertian, antara lain: 

  • Passion adalah perasaan atau emosi yang kuat. 
  • Passion sendiri bisa diartikan sebagai cinta atau benci. 
  • Arti passion yaitu sebuah keinginan atau perasaan yang kuat. 
  • Passion bisa diartikan sebagai seseorang yang merasakan cinta dan hasrat, kesukaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat. 
Dari penjelasan diatas, kata passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu, yang dilakukan secara antusias. Passion adalah sesuatu yang kita cintai.

Namun jika dikaji lebih mendalam, passion berbeda dengan Hobi. Perbedaannya terletak pada perbedaan orientasi diantara keduanya. Passion memiliki orientasi produktif, yang memotivasi diri kita secara terus menerus untuk mencoba dan melakukannya sampai sukses. Sementara Hobi biasanya berorientasi pada konsumtif dan cenderung menyenangkan saja. Disaat seseorang menjiwai dan menikmati apa yang dikerjakannya, baik dimana pun dan kapan pun aktivitas tersebut dilakukan.

Sementara hobi adalah sesuatu yang dilakukan seseorang karena dia menyukai aktivitas yang sedang dilakukan namun ia tidak berniat kuat untuk meneruskannya untuk dilakukan pada tahap yang lebih serius atau menjadi profesi. Orang yang mengerjakan sesuatu karena passion, rela mengeluarkan uang namun tujuannya adalah memperdalam kemampuan, keahlian atau pun manfaat yang lebih besar.

"Satu-satunya jalan untuk menghasilkan karya yang hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda kerjakan." - Steve Jobs

Orang yang memiliki passion akan selalu mencari jalan keluar, kreatif dalam mengembangkan strategi, dan berani mengambil resiko demi impian-impiannya.

Semua orang besar mencintai pekerjaannya.

Salah satu kisah orang besar yang pernah saya baca adalah kisah Donald Trump. Mantan Presiden USA dan pengusaha ulung ini memiliki aktivitas kerja yang tak pernah berhenti. Terlepas dari banyak hal kontroversial yang dilakukannya, kita bisa melihat kesuksesan yang sudah diraihnya. Dia adalah orang yang akan bekerja sama kerasnya di hari weekend dengan hari biasa. 

Donald Trump mengaku, ia melakukan semua pekerjaannya itu tidak semata-mata berorientasi pada uang. Dalam berbisnis memang keuntungan memang menjadi tujuan bisnis, namun ternyata lebih dari itu, Donald Trump melakukannya karena ia sangat mencintai pekerjaannya.

Donald Trump menegaskan bahwa "Jika selama bekerja selalu memikirkan berapa jam dan menit lagi yang harus dilalui sebelum akhir pekan, maka Anda tidak akan pernah menjadi miliarder, bahkan menjadi jutawan saja tidak. Miliarder tidak pernah membuang waktu, hidup terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja". Itu kata Pak Trump loh.

Hal yang bisa saya pelajari adalah bagaimana dia memiliki gairah yang luar biasa dalam bekerja. Tentu banyak hal yang harus dihadapi saat bekerja, namun dengan gairah yang besar tantangan yang datang bisa dihadapi dengan berbagai cara.

Sama seperti Trump, Steve Jobs yang sangat mencintai apa yang dikerjakannya, dengan gairah luar biasa mampu merintis Apple dari produk yang dihasilkan dari garasi rumah menjadi salah satu produk dan perusahaan terbesar di dunia.

Tantangan kedua tokoh di atas bisa kita jadikan contoh bagaimana berjuang mewujudkan passion yang kita miliki sampai kita bisa menghasilkan karya, aktivitas menghasilkan karya ini lah yang disebut produktif.

Lalu bagaimana cara menemukan Passion?

Beberapa orang mungkin kesulitan menemukan passion mereka dari hobi atau kegiatan. Dari beberapa sumber yang saya baca, ada tips yang bisa digunakan untuk menemukan apa yang menjadi passion kita. 
Berikut tips untuk membantu mu menemukan passion
  • Pikirkan sesuatu yang membuat mu bahagia. 
  • Cobalah untuk memulai aktivitas yang disukai, lalu terus melakukan aktivitas tersebut.
  • Pikirkan lalu tuliskan aktivitas mu yang bernilai. 
  • Hal apa yang bisa mendorong Anda melakukan sesuatu dan merasa berbinar melakukannya walau pun kamu letih tetapi kamu tetap akan melakukannya. 
  • Lakukan penilaian dan identifikasi diri kekuatan Anda. 
  • Pikirkan tentang apa yang Anda kerjakan saat ini lalu tanyakan Apakah benar ini apa yang Anda kerjakan yang sesuai untuk Anda, untuk keluarga Anda? 
  • Cobalah untuk membayangkan topik yang disukai. 
  • Pikirkan impian kedepan yang ingin dilakukan.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggabungkan bakat dengan passion. 

Ada cara lain?, oh tentu, banyak menuju Roma, bukan?

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggabungkan bakat dengan passion. Tidak bisa dipungkiri ada manusia dilahirkan dengan bakat yang memang sudah ada dalam dirinya. Saat bakat ini diasah terus menerus lalu disertai dengan komitmen untuk mewujudkannya sampai menjadi karya, keahlian dan kesuksesan, maka hal ini adalah salah satu cara produktif sesuai passion yang kita miliki.

Selamat menemukan passion mu.

Komentar

Postingan Populer

Tentang Olfactory dan Gustatory

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Serunya Belajar Mind Mapping