Mengetahui perkembangan ekonomi syariah melalui Majalah Fortune Indonesia

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Jumlah penduduk muslim di Indonesia mencapai 229 juta jiwa atau sekitar 87,2 persen dari total populasi penduduk dunia. 

Demikian salah satu isi berita Majalah Fortune Indonesia tentang potensi ekonomi syariah nasional perlu dioptimalkan. Besarnya persentase penduduk muslim Indonesia tentu saja menjadi potensi yang menarik para pelaku bisnis menjadikan penduduk muslim sebagai target pasar mereka.

Saat membaca majalah ini saya sebagai salah satu penduduk muslim di Indonesia terbantu mengetahui perkembangan ekonomi syariah itu sendiri.

Dengan potensi pasar syariah yang cukup besar dan menjanjikan, wajar saja jika salah satu bank syariah di Indonesia menginginkan terlibat aktif dan berkeinginan menjadi pemain utama dalam perkembangan ekonomi syariah.

Apa yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga saat mendapatkan informasi seperti yang tertera di Majalah Fortune Indonesia?. Menurut saya ada beberapa manfaat yang saya dapatkan, antara lain :

  1. Mengetahui perkembangan ekonomi dan bisnis dengan cepat, baik itu berbasis konvensional mau pun berbasis syariah.
  2. Mendapatkan informasi lengkap dengan data pendukung yang bisa memberikan pertimbangan ekonomi dalam rumah tangga saya
  3. Memberikan dorongan untuk terlibat baik sebagai pembeli yang bijak atau pun menjadi pelaku ekonomi dari rumah.
  4. Meningkatkan pengetahuan dan literasi keuangan bagi ibu rumah tangga
Saya senang membaca Majalah Fortune Indonesia yang bisa diakses baik dari Handphone maupun Laptop, karena tampilan baik dibaca dengan gawai atau pun dari komputer dan laptop cukup membantu saya untuk mendapatkan informasi tentang ekonomi dengan cepat.



Mendapatkan informasi ekonomi dengan perspektif yang luas dari Majalah Fortune Indonesia juga membuka cakrawala berpikir saya sebagai manajer keuangan di rumah. Majalah Fortune Indonesia memberikan informasi yang lengkap tentang dunia ekonomi baik dunia dan khususnya Indonesia.


Berdasarkan informasi ekonomi yang saya peroleh dari Majalah Fortune Indonesia, saya semakin mengetahui perkembangan tentang keuangan syariah antara lain tentang layanan perbankan syariah yang sedang tumbuh di Indonesia.

Saat ini saya sudah menggunakan beberapa layanan perbankan syariah. Sebagai umat Islam saya lebih tenang karena pemerintah juga berupaya membuat regulasi yang sesuai dengan prinsip syariah, baik terhadap transaksi finansial yang biasa digunakan misalnya saja tabungan sampai dengan layanan transaksi sosial zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF).

Potensi industri halal di Indonesia.

Potensi industri halal di Indonesia yang cukup besar saat ini tentu menjadi salah satu kebanggaan kita semua. Bagi konsumen muslim tentu mendapatkan barang atau jasa yang sudah jelas sertifikasi halalnya akan mendatangkan ketenangan dalam mengkonsumsi nya. 

Majalah Fortune Indonesia juga mengangkat hal ini. Perkembangan industri makanan halal juga mengalami perkembangan yang pesat. Pemerintah berupaya agar negara kita menjadi sentral  ekonomi syariah dunia. Pertumbuhan ekonomi syariah yang terus bergerak naik tahun 2018 ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia. Lalu setahun kemudian naik menjadi peringkat kelima, kemudian pada tahun 2020 ekonomi syariah Indonesia sudah berada di peringkat 4 dunia.

Kita mengetahui bersama, bahwa industri halal di Indonesia bukan menjadi milik industri besar saja, namun juga berbagai pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UMK) yang memulai bisnisnya dari rumah. Bahkan tidak jarang dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga dan keluarganya. Mendapatkan berita yang akurat tentang ekonomi tentu membawa motivasi tersendiri bagi pelaku ekonomi.

Seperti sertifikasi halal yang ditetapkan melalui "PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 39 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG JAMINAN PRODUK HALAL". 

Di Sumatera Utara, LPPOM MUI SUMUT berupaya menjembatani kebutuhan sertifikasi halal ini dengan memberikan Fasilitas Sertifikasi Halal bagi UMK dan mengadakan Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal. Melalui dua kegiatan ini diharapkan UMK yang ada di Sumatera Utara siap menghadapi rencana Wajib Sertifikasi Halal yang akan diterapkan oleh pemerintah.

Meningkatkan literasi keuangan syariah dengan membaca Majalah Fortune Indonesia.

Seperti manfaat yang saya peroleh dengan membaca Majalah Fortune Indonesia, yakni meningkatkan literasi keuangan bagi ibu rumah tangga. Saya teringat dengan berita Majalah Fortune Indonesia tentang upaya salah satu perbankan tanah air dalam meningkatkan kemampuan literasi keuangan syariah pada dunia pendidikan.

Saya langsung tersadar, ini adalah peluang kemitraan, mengapa bukan bukan ibu rumah tangga yang diberdayakan ya?. Saya jadi teringat kelas-kelas keuangan yang diselenggarakan oleh Institut Ibu Profesional yang saya ikuti. Kelas literasi keuangan adalah salah satu kelas yang senantiasa diikuti oleh banyak member Ibu Profesional. Bahkan di kelas Bunda Cekatan, salah satu upaya kami adalah cekatan menjadi manajer keuangan dalam rumah tangga. Tentu jika tidak mendapatkan informasi yang benar dan akurat, seorang manajer keuangan rumah tangga bisa salah mengatur keuangan keluarga.

Banyak ibu rumah tangga yang awam dengan dunia ekonomi dan perbankan, baik yang konvensional terlebih lagi syariah. Bahkan dari penyampaian Direktur Utama BSI Hery Gunardi melalui keterangan resminya di Jakarta yang dikutip oleh Majalah Fortune Indonesia, berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan, diketahui bahwa literasi masyarakat terhadap keuangan dan perbankan syariah hanya kurang dari 9 persen saja, jauh tertinggal dari literasi terhadap keuangan konvensional yang hampir 40 persen.”

Saya teringat pesan M. Hatta salah satu pendiri negara ini, "mendidik seorang ibu berarti mendidik satu generasi." Saya pikir begitu pun tentang literasi keuangan. Jauh sebelum mendidik para mahasiswa di kampus-kampusnya seharusnya pendidikan tentang bagaimana mengelola keuangan juga diberikan kepada setiap ibu rumah tangga.

Setidaknya Fortune Indonesia telah memulai hal tersebut dengan memberikan berita ekonomi yang cepat, akurat dan terpercaya.





Komentar

  1. Sepakat mbak, Ibu yang literasinya baik akan mewariskan literasi baik juga untuk anak-anaknya. That's why perlu banget update informasi apalagi terkait ekonomi, bisnis, dll karena nyatanya generasi depan akan dekat dengan tekonologi dan perkembangan ekonomi. Semoga Fortune Indonesia selalu update kabar terkini dan pastinya terpercaya :)

    BalasHapus
  2. Senang ya ada majalah berkelas internasional tapi memuat bahasan syariah. Recommended banget sih ini.

    BalasHapus
  3. kehadiran fortune yang cukup membuatku tercengang. betapa cerdasnya media cetak dan media informasi ini dilahirkan dengan segudang manfaat yang bagus buat warganet.

    BalasHapus
  4. fortune bisa diakses dengan gawai ataupun laptop. jadi, ke mana-mana asal modal gawai bisa mengetahui info terbaru.

    BalasHapus
  5. yes akupun berpikir ini langkah cerdas yang diambil oleh fortune indonesia menghadirkan satu topik kusus tentang seputar syariah karena masyoritas penduduk kita ad amuslim dan lagi isu ttg syariah saat ini cukup hangat untuk di bahas

    BalasHapus
  6. Pertama kali buka web Fortune Indonesia memang langsung kepincut dengan kategori 'SYARIA'. Keren nih, bisnis Islami. Setahuku kalau bahas syari, seringnya soal makanan halal, atau busana. Tiap hari klik Fortune Indonesia deh, supaya update info...

    BalasHapus
  7. Menjadikan sharia sebagai salah satu dari tujuh kategori bahasan dalam Fortune memang tepat. Jumlah penduduk Indonesia mayoritas muslim. Kebutuhan dan kepastian informasi sharia yang komprehensif memang ditunggu dan diperlukan.

    BalasHapus
  8. Saya tertarik, nih, Mbak, dengan hal-hal yang berbau syariah, makanya senang banget saat tahu FORTUNE yang notabene-nya media kelas internasional menjadikan SHARIA sebagai salah satu menu informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.