IDENTIFIKASI AKSI MENJADI SOLUSI

 Identifikasi Aksi Menjadi Bagian dari Solusi

Perjalanan kali ini di Kelas Bunda Salihah adalah bagaimana kami para Hexagonia melakukan Identifikasi Aksi yang dilakukan baik secara personal maupun secara kolektif bersama tim. Kami akan berkampanye tentang aksi tersebut. Aksi yang kami pilih sebagai solusi dari problem statement yang telah Kami tetap kan sebelumnya.

Menentukan aksi saat ini penting artinya dalam membuat Peta yang akan kami gunakan pada tahap 5-8 aksi berikutnya. Harapannya, setiap anggota tim jika ada yang belum bersungguh-sungguh, akan berubah lebih bersungguh-sungguh. Berdasarkan hal ini juga saya merasa perlu beberapa kali bertanya, apakah teman-teman yakin dengan apa yang Kami lakukan di dalam tim Sewaktu, apakah semua memahami problem statement yang telah ditetapkan dan penyusunan Tujuan berdasar Metode SMART.

Saya bersyukur, walau pun Kami belum berkomunikasi efektif secara konsisten, namun durasi berdiskusi, saling melemparkan ide, bertanya sudah lebih baik, kami juga sudah menetapkan PIC untuk mengingatkan tugas, yakni Mba Desi dan tidak hanya berdiskusi saat tugas sudah mau mepet dikumpulkan. Walau pun belum tuntas, namun sudah semakin baik diskusi yang dilakukan. Saya menyampaikan kepada anggota Tim Sewaktu agar setiap hari menyampaikan latihan milestone yang telah disepakati, saya pikir ini akan menjadi usulan saya untuk dilaksanakan pada minggu berikutnya.

Saatnya melihat materi yang disampaikan oleh Ibu Septi, Ibu mengingatkan kepada Kami tentang perencanaan yang telah Kami lakukan. Ada beberapa hal yang bisa kami lengkapi dalam perencanaan yang Kami buat :

Highlight and Key Updates

H&KU adalah sebuah konsep inovasi sosial tim yang akan disampaikan dan dikerjakan kepada audience. Bahannya :

  • Peta SMART

Peta SMART harus menjadi acuan milestone Kami dan milestone merupakan arah perjalanan gerakan Kami di Kampus Ibu Pembaharu. Untuk itu maka Kami Harus memahami milestone yang sudah Kami breakdown sebelumnya. Bagi Kami tim Sewaktu Metode SMART yang Kami buat bisa dilihat disini.

Hal yang masih menjadi tugas Kami bersama antara lain :

- bagaimana pola latihan yang Kami terapkan dalam melaksanakan milestone pada daerah dan waktu yang berbeda.

- bagaimana Kami bisa konsisten sebagai anggota Tim Sewaktu dan bersama-sama melakukan latihan dan membentuk kebiasaan baik dari latihan manajemen waktu Kami. 

- bagaimana Latihan Manajemen Waktu yang Kami lakukan bermanfaat kbagi diri Kami, keluarga, masyarakat, bunda salihah   

  • Membuat Indikator Keberhasilan

Membuat Indikator keberhasilan dalam latihan kami adalah dengan melakukan refleksi setiap 10 hari pertama, ke-dua sampai ke-enam untuk milestone 1, lalu 15 hari untuk Milestone 2 dan 12 hari untuk Milestone 3. Kami juga akan berlatih  memperbanyak diskusi dengan tim dalam menjalaninya.

  • Buat Highlight Gerakan

Hal yang saya rasakan Kami masih belum melakukan kampanye bersama dengan membuat kalimat untuk me-hilight apa saja yang akan Kami kerjakan dalam langkah AKSI ini. Mengapa, Kami masih berjalan sendiri-sendiri. Kami belum merencanakan dan menjalankan rencana misalnya dalam 1 bulan apa aja yang dikerjakan, breakdown untuk jangka waktu yang lebih lama.

Salah satu tugas yang Kami lakukan adalah menjalankan Kampanye Gerakan Sewaktu dengan belajar membuat H&KU, yang berisi daftar Kampanye pada sosial Media yang kami siapkan pada pekan ini.

Timeline of Highlights

Saat ini Tim Sewaktu sedang berlatih Milestone 1 dan jangka waktu latihannya per 10 hari. Kami menyepakati kami akan berlatih Memisahkan kegiatan tidak penting sampai kegiatan penting dalam merencanakan kegiatan harian. Targetnya adalah Kami berlatih membuat keteraturan pada otak, melatih otak fokus dengan memetakan apa saja yang penting untuk dilakukan.

Secara pribadi Kami merasa ada perubahan dalam aksi yang telah dilakukan masing-masing. Namun, sayangnya belum semua konsisten melaporkan perjalanan latihan kepada dalam WAG Tim Sewaktu, sehingga ini menjadi salah satu kendala pengembangan isi konten atau postingan website/sosial media/aksi yang Kami kampanyekan. Saat ini (sampai menjelang pengumpulan Jurnal, Kami baru berhasil membuat IG dan FP namun Kampanye Gerakan pentingnya manajemen waktu masih minim.

Social Media

Ibu Septi menyampaikan "Jejak digital yang membuat journey changemaker kita tampak". dan jejak itu yang belum kami buat.

Kami memang sudah membuat sosial media dengan Nama Team, yakni Sewaktu (Selesai Manajemen Waktu) - Ibu Pembaharu

  • Website

Ibu Septi menyampaikan agar Kami menggunakan website sebagai Rumah Virtual TimWebsite akan menjadi rujukan untuk konten sosial media. Semua info tentang gerakan tim Sewaktu akan Kami posting disini. Namun untuk web ini kami belum membuatnya.

Kami masih mempelajari google site dahulu, jika memang tidak sesuai Kami bisa menjajaki web berbayar.

  • Instagram

Kampanye tim menggunakan sosial media salah satunya kami lakukan dengan membuat Instagram Sewaktu. Silahkan follow akun instagram kami yah.

Kami menyadari bahwa saat ini instagram sedang banyak dipakai sebagai salah satu cara mengkampanyekan gagasan atau pun sudut pandang kita. Maka Kami berupaya menyusun penanggung jawab baik reels, atau pun yang bertanggung jawab dengan disain yang akan diposting di instagram. 

  • Facebook

Selain instagram, Kami juga membuat Fanspage Facebook sebagai kendaraan kampanye tim. Kami memilih Fanspage facebook, agar lebih leluasa berkampanye tentang manajemen waktu kepada masyarakat umum.

Fundrising

Saat ini semua aktivitas kami masih menggunakan fasilitas yang tidak berbayar., sehingga saat ini kami belum akan memikirkan upaya fundrising untuk mendukung kampanye yang kami lakukan. Kami bersepakat akan membicarakan hal ini setelah melihat progres kami melewati milestone 3. 

Ibu Septi mengingatkan agar Kami menyusun cara mendapatkan dana dengan bermartabat. Apabila dalam ide aksi tim Kami memerlukan dana, maka Kami akan melakukan fundrising, seperti

  • Mempelajari cara melakukan fundrising dengan memanfaatkan banyak platform. 
  • Setelah itu, Kami akan memilih mana yang paling cocok untuk tim Kami

Ibu Septi memiliki impian, Ibu Pembaharu memiliki fundrising yang duperuntukkan bagi ibu-ibu. 

Campaign Program

Seperti yang saya sampaikan di atas Kami belum melakukan kampanye yang baik terhadap gerakan kami, ini kami Kami lakukan segera dengan membuat jadwal lalu Kami akan mempromosikan di sosial media. Tahapan yang akan Kami lakukan adalah membuat :

  • Tujuan

Kami akan menetapkan tujuan kampanye setiap tim Kami. Tujuan kampanye adalah mulai mengenalkan program Ibu Profesional, Ibu Pembaharu, Tim Sewaktu, Latihan yang dilakukan dalam manajemen Waktu sampai mencari penerima manfaat gerakan Kami.

  • Jenis

Saat ini Kami baru menetapkan kampanye dengan disain grafis (visual) dan reels (Audio visual).

  • Platform

Platform kampanye tim yang Kami pilih saat ini adalah Fanspage Fb dan IG.

Salah satu kampanye gerakan kami antara lain membuat Rencana Harian. Salah satu contohnya adalah seperti Template yang saya buat ini :

Menggunakan data

Kami berupaya mempelajari data yang dihasilkan oleh platform yang Kami gunakan, seperti yang kami terima dalam proses belajar ini, Kami akan mempelajari data tersebut sembari membuat konten yang menarik tentang gerakan kami lalu mempromosikannya lewat sosial media.

Sebagai catatan, untuk melihat data nantinya Kami akan memperhatikan hal berikut ini :

  • Reach

Seberapa banyak jumlah total dari akun unik yang telah melihat konten yang anda unggah

  • Impression

Ukuran Jumlah total dari seberapa kali pengguna instagram melihat konten yang telah anda posting

  • Follower

Followers aktif ini merupakan akun-akun asli, yang memang aktif, bukan bot.

Berjalan dengan melakukan Updates

Kami diminta memetakan Tim Kami saat melakukan semua ini. Kami diminta membuat analisa SWOT. Hal yang perlu Kami tetapkan antara lain :

Strength

- Apa yang dapat anda lakukan dengan baik?

- Sumber daya apa yang unik dan dapat digunakan?

- Apa yang orang lain pandang sebagai kekuatan anda?

Weakness

- Apa yang bisa diubah?

- Sumber daya mana yang lebih sedikit anda miliki dibanding tim lain?

- Apa yang sekiranya orang lain pandang sebagai kelemahan

Opportunities

- Kesempatan apa yang terbuka bagi Anda?

- Tren apa yang bisa Anda manfaatkan?

- Bagaimana cara mengubah kekuatan Anda menjadi kesempatan?

Threats

- Ancaman apa yang dapat menganggu anda?

- Bagaimana keadaan tim anda?

- Ancaman apa yang diberikan oleh kelemahan anda?


Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.