Mengenali Potensi Diri melalui 4E (Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn)

 

Salah satu cara mengenali apa yang menjadi Potensi diri adalah melalui 4E yakni Enjoy, Easy, Excellent dan Earn. Dengan mengenali apakah kegiatan yang dilakukan termasuk ke dalam area Enjoy, Easy, Excellent dan Earn ini, saya lebih fokus pada kekuatan yang ada diri saya. Fokus pada kekuatan ini biasanya digunakan dalam psikologi positif. Tujuan mengenali potensi dengan menggunakan 4E ini agar setiap orang dapat beraktivitas dengan nyaman. Dengan demikian berarti seseorang akan lebih sehat secara psikologis dan mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Selama 2 pekan ini, para Hexagonia harus membuat seluruh aktivitas yang bisa diindentifikasi dengan 4E, baik kegiatan secara pribadi dalam konteks mahasiswa Bunda Produktif di Institut Ibu Profesional atau pun sebagai sebagai anggota Co-Housing di Hexagon City. Sebagai anggota Co-Housing di Hexagon City yang merupakan kota virtual, kami diminta untuk terlibat aktif dalam project passion yang telah kami sepakati sebelumnya.
Kota yang memiliki semboyan Kota Produktif, Warga Kreatif, Ide Solutif ini, memberikan kesempatan kepada kami untuk berkontribusi secara produktif. Maka mengenal potensi dengan 4E sangat relevan saya gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Saya bersama teman-teman anggota Maudi, Co-Housing Manajemen Waktu Dan Diri telah melakukan check-in dan ice breaking, keduanya adalah cara untuk mengenal satu sama lain sebelum melangkah pada kegiatan memetakan aktivitas apa yang akan kami lakukan bersama untuk mewujudkan project passion Maudi. Keterbukaan menjadikan kami lebih mudah memahami komunikasi yang umumnya kami lakukan secara tertulis. Pada proses check-in dan ice breaking kami menyempatkan kembali untuk mengobrol secara daring melalui zoom meeting. Kami menyepakati bahwa kami akan bekerja sama dalam mewujudkan project passion kami. Memahami keterbatasan dan memberikan dukungan pada anggota Co-Housing lainnya. Bulan November 2020 ini kami masih berada di milestone 1 dimana kami harus menyelesaikan latihan manajemen waktu dan diri secara pribadi.


Pada setiap aktivitas yang saya lakukan di Hexagon City ini, saya menyematkan pita Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn. Setelah itu saya juga menyematkan bintang pada aktivitas yang saya prioritaskan untuk meningkatkan skill dan kapasitas diri sehingga milestone 2 yang telah kami sepakati di Co-Housing Maudi tercapai. Selanjutnya kami akan membawa 3-5 aktivitas yang bisa kami berikan sebagai kontribusi untuk Project Passion Maudi, yakni TASMARI (Tuntas Manajemen Waktu dan Diri).

Setiap anggota CoHouseing Maudi terlibat dalam diskusi persiapan menuju milestone 2. Pada tahap ini kami membagi tanggung jawab untuk mewujudkan buku TASMARI. Sebagai langkah 4E kami melakukan brainstorming untuk mengenali potensi dan mengelompokkan nya sebagai aktivitas yang kami pilih secara sadar untuk dilakukan bersama-sama sebagai kesatuan tim Maudi. Ada cerita lucu yang bisa kami ambil sebagai pelajaran menerapkan 4E dalam aktivitas tim, saat menetapkan siapa yang akan menulis cerita didalam buku yang mau kami buat, mayoritas teman-teman merasa tidak pantas menulis, tidak bakat menulis sampai tidak percaya diri menulis. Tentunya buku tanpa penulis hanyalah hanyalan tingkat tinggi. Tidak mungkin ada buku kalau tidak ada tulisan. Akhirnya kami bersepakat untuk menjadi kontributor dengan mengirimkan cerita dengan gaya penulisan atau penyampaian yang kami suka. Untuk melakukan saduran isi buku maka kami membentuk tim editing buku.




Saya sendiri memilih sebagai bagian tim editing buku selain menjadi kontributor buku TASMARI.


Saya juga bertugas mencari metode lain yang bisa kami amati, tiru dan modifikasi (ATM). Untuk bisa melakukan hal tersebut saya terlebih dahulu mengikuti pelatihan tentang Manajemen Waktu Ibu Bekerja. Hasil pelatihan itu kan saya review dan bagikan kepada teman-teman untuk dipelajari bersama. Sampai saat ini s
aya dan teman-teman bersemangat untuk belajar dan mewujudkan terbitnya Buku TASMARI.

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Tentang Olfactory dan Gustatory

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.