Kontribusi Pada Kota


Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan pada mu, tanyakan lah apa yang sudah kau berikan pada negara mu.
Demikian lah slogan yang sering saya dengarkan dari Founding Fathers kita sedari kecil. Berbeda dengan jurnal sebelumnya, jurnal kali ini adalah jurnal spesial karena kali ini kami harus mengumpulkan jurnal yang berkaitan dengan Passionate People, Character Cultivated, Habit Power, Shining 4E, sebagai seorang Hexagonia. Kami juga diminta menjelaskan bagimana kontribusi kami terhadap Hexagon City.

Saya terkesima mendengarkan penjelasan tentang hal diatas, juga pada saat founding mother menyinggung bagaimana cara seorang Hexagonia memberikan kontribusi pada kota. Salah satu cara yang paling nyata adalah dengan bergabung pada fasilitas-fasilitas yang ada di Hexagon City. 

Contribution to Nation

Saya menganggap bahwa dengan bergabung dan mengikuti berita yang ada di berbagai fasilitas kota kami ikut memberikan kontribusi positif dalam fasilitas tersebut. Saat ini saya dan Hexagonia lainnya diminta untuk memberikan bukti berupa screenshoot baik pada postingan, atau memberikan like atau subscribe di salah satu media sosial yang dimiliki oleh Hexagon City.

Lalu kami diminta untuk meletakkan semua screenshoot dalam template jurnal yang sudah disiapkan oleh Tim Formula dan masukkan template ini ke dalam jurnal kami. Dan tampilannya seperti diatas.

Sebagai seorang Hexagonia pada pembuatan jurnal kali ini saya diberi kesempatan untuk membuat refleksi perjalanan selama di kelas Bunda Produktif. Tujuannya adalah agar saya bisa melihat kembali bagaimana tahapan demi tahapan yang sudah saya jalani . Dimulai dari zona Passion, Character, Habit, dan 4E.

Apakah saat ini passion saya sudah memiliki ruang aktualisasi nya yang sesuai?, Apakah saya sudah melatih karakter efisiensi yang saya pilih selama berinteraksi sebagai seorang Hexagonia? Apakah habit yang saya latih sudah konsisten dijalankan? Apakah aktivitas 4E yang sudah saya buat skala prioritasnya sudah dengan baik dan memberikan dampak yang nyata pada teman-teman Co Housing dan Project Passion yang telah kami rencanakan?

Setelah mendengarkan pemaparan ibu Septi Peni Walandani dan Ibu Walikota, teh Dian, saya mencoba membuat refleksi :

Passionate People
Saat ini saya tergabung di dalam Co Housing Manajemen Waktu dan Diri atau yang kami beri nama Co Housing Maudi. Kami berada di Cluster Balance dimana cluster ini bertujuan agar kehidupan yang dijalani oleh seorang ibu seimbang jiwa dan raga. Saat ini saya mencoba menyimbangkan antara peran saya sebagai anggota Co Housing, Cluster dengan Sekretaris Jendral Hexagon City. Saya merasa bahagia karena saya tidak kehilangan momentum belajar, berkembang, berbagi dan berdampak dengan melakukan banyak hal.

Character Cultivator
Membangun Karakter baik bukanlah sesuatu yang instan, harus melewati proses belajar yang dapat menumbuhkan kesadaran bagi yang melakukannya. Saya memilih karakter Efisensi selama di kelas Bunda Produktif.
Pada proses belajar melatih karacter Efisensi, saya berusaha untuk menemukan cara yang tepat agar saat saya mengikuti jadwal diskusi, memimpin diskusi, memberi masukan, berinteraksi dengan hexagonia baik di Co Housing, di Cluster, City Leader atau bertemu tim formula dan founding mother. RACI dan Komunikasi produktif adalah cara yang tepat untuk melatih bagaimana saya bisa memberikan kontribusi positif dengan kehadiran saya disana. Efiseinsi yang saya maksudkan adalah berhubungan dengan di cara dan waktu yang saya gunakan dalam aktivitas saya sehari-hari.
Saya melatih Efiseinsi ini sesuai dengan apa yang kami sepakati bersama di Co Housing Maudi, bahwa setiap karakter yang kami pilih memberukan kontribusi nyata pada project passion yang telah kami rencanakan akan berbentuk buku TASMARI (Tuntas Manjemen Waktu dan Diri).

Habit Powered
Selama di Hexagon city ini saya melatih beberapa kebiasaan yang bukan saja membentuk karakter baik pada diri saya namun juga memiliki hubungan dengan project passion. Saat ini kami berada pada milestone ke dua project passion kami. Kami telah menyepakati milestone project passion yang terdiri dari 3 tahapan, dan tahap kedua ini tugas kami adalah membagi kerja dan fokus bekerja pada bidang yang telah ditentukan sebelumnya. Saya menikmati peran ini, saya tidak mau prioritas utama sebagai istri dan ibu dalam keluarga saya malah menjadi terbengkalai dengan aktivitas di Hexagon City. Hal ini lah yang menjadi tantangan bagi saya bagaimana caranya agar efisensi yang saya latihkan bisa terlihat dalam aktivitas sehari-hari baik di dunia nyata maupun di dunia virtual saya.

Saya mengamati percakapn teman-teman, merekam dan melakukan ATM yakni amati, tiru dan memodifikasi bagaimana cara yang dilakukan teman-teman untuk htetap produktif. Saya senang sekali kami berbagi tips dan trik mengelola waktu, membuat prioritas, fokus pada beberapa hal atau bahkan melakukan percobaan untuk menggunakan beberapa metode yang cocok untuk kami.
Beruntungnya dipertemukan dan bergabung dalam Cohousing ini. Semua tim aktif dan Menjadi bagian di Co Housing Maudi ini membuat saya menambah pengetahuan dan skill mengelola aktivitas. Saya juga merasa beruntung Hexagon City juga memberikan berbagai fasilitas untuk melatih dan menghubungkan karakter, kebiasaan dan project passion menjadi satu kesatuan yang bisa dilatihkan secara nyata.

Shining 4E
Pada Zona 4 E (Enjoy, Easy, Excellent dan Earn) saya memutuskan untuk menguatkan aktivitas sesuai prioritas baik itu sebagai pribadi maupun sebagai bagian Co Housing Maudi. Pada zona ini kami diminta untuk memetakan aktivitas apa saja yang termsasuk dalan 4E sebagai Hexagonia. Lalu kami diminta memetakan aktivitas apa saja yang mau kami tingkatkan kualitasnya.

Selanjutnya kami diminta untuk berdiskusi bersama aktivitas apa saja sebagai anggota Co Housing yang kami jalani sesuai 4E. Kemudian aktivitas apa saja yang mau kami tingkatkan kualitasnya. Disini kami bisa saling berbagi aktivitas apada saja yang bisa kami lakukan dengan saling terbuka, lalu saling memberikan dukungan.

Kami diminta untuk fokus mencapai tujuan yang telah kami tetapkan, yakni berupa project passion buku TASMARI. Kami akan lebih fokus memberikan kontribusi bersama agar buku tersebut bisa menjadi buku karya kami bersama.

Silahkan berkunjung ke tulisan saya yang lain ya :

Komentar

Postingan Populer

Juma Lau, Tempat Wisata Asri Dekat dari Medan

Let's Read, Menumbuhkan minat baca dengan menyenangkan.

Tentang Olfactory dan Gustatory